Hujan Deras Terus Guyur Makassar, Banjir Capai 70-100 Cm di Jalan Raya

Banjir di Makassar.
Sumber :
  • VIVA/Supriadi Maud

VIVA Nasional – Hujan deras yang terus mengguyur Kota Makassar, Sulawesi Selatan, membuat sejumlah ruas jalan banjir dan berubah layaknya seperti sungai pada Senin pagi, 13 Februari 2023. Pantauan di lokasi, terlihat puluhan kendaraan terendam hingga setengah bodinya. Genangan air di jalan raya mencapai 70-100 cm. Mobil yang sedang terparkir tergenang setengah bodi.

Banjir Bandang di Brasil, Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Atap Rumah dan Apartemen

Salah satu jalan utama yang tergenang banjir setinggi lutut orang dewasa yakni Jalan AP Pettarani dan Jalan Veteran Selatan. Arus lalu lintas jadi melambat akibat tingginya genangan. 

Sejumlah permukiman warga yang berada di dataran rendah juga mulai tergenang. Parahnya, rumah-rumah warga yang berada di lokasi jalan lain juga tergenang banjir setinggi lutut orang dewasa seperti di sektor Kecamatan Manggala.

Ratusan Hektare Sawah di Bombana Sultra Gagal Panen akibat Banjir, Pemkab Minta Bantuan Pusat

"Dari subuh tadi ini hujan terus, air sudah masuk dapur kasian,” kata Riska salah seorang warga Antang, Kota Makassar.

Kemendagri Dorong Pemda Terdampak Bencana Pangan Segera Tetapkan Status Tanggap Darurat

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto mengaku telah menginstruksikan kepada OPD Pemkot Makassar untuk siaga penanganan banjir di sejumlah wilayah di Kota Daeng.

Danny juga mengaku telah meminta para camat dan lurah untuk turun di lapangan bersama satgas untuk mengecek kondisi drainase.

“Pastikan tidak ada sumbatan dan segera bersama RT/RW memantau semua masyarakat yang terkena dampak yang membutuhkan evakuasi,” ungkap Danny kepada wartawan.

Selain itu, Danny juga meminta kepada Dinas PU diminta segera menurunkan satgas drainase untuk mengecek dan menjaga kinerja drainase bersama alat berat dan crane.

Dinas BPBD diminta untuk segera mengaktifkan pemantauan di warroom BPBD, dan segera mempersiapkan kegiatan evakuasi jika dibutuhkan.

“Dinas Sosial, segera mempersiapkan semua hal yang sudah menjadi standar penanganan bencana banjir,” terang Danny

Sekedar informasi, bahwa BMKG telah mengeluarkan peringatan dini terkait kondisi cuaca ekstrem di wilayah Sulawesi Selatan, utamanya di Kota Makassar selama 5 hari kedepan. Mulai 12-16 Februari 2023. Masyarakat diminta untuk siap siaga terkait kondisi cuaca dengan intensitas yang cukup lebat.

Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, hujan lebat disertai petir akan berlangsung hingga sore. Pada saat yang sama air akan bertemu pasang naik air laut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya