Mahfud MD Sebut Pilot Susi Air Disandera KKB Papua

Menko Polhukam RI Mahfud MD
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Kemenko Polhukam

VIVA Nasional – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD angkat bicara mengenai keberadaan pilot pesawat Susi Air yang hilang setelah pesawatnya dibakar KKB. Menurut Mahfud, Pilot tersebut saat ini disandera Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB di Papua. Mahfud mengatakan, sampai dengan saat ini, pilot yang bernama Philips Max Mehrtens itu masih belum dilepaskan.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

"Saya Menkopolhukam Republik Indonesia ingin menyampaikan Penjelasan dan sikap pemerintah terkait dengan tragedi atau peristiwa Susi Air, yang sampai hari ini masih terjadi penyanderaan oleh sekelompok orang, kelompok kekerasan bersenjata di Papua atau KKB yang masih menyandera Kapten pilot Philips Max Mehrtens," kata Mahfud MD, dalam keterangan persnya yang disiarkan di akun Youtube Kemenko Polhukam RI pada Selasa sore, 14 Februari 2023.

Lapangan terbang Paro, Nduga, Papua yang menjadi TKP dibakarnya pesawat Susi Air

Photo :
  • Antara
Hamas Terbitkan Video Baru, Isinya soal Sandera Israel Salahkan Netanyahu

Mahfud mengatakan, Pemerintah Republik Indonesia sampai saat ini masih terus berusaha maksimal untuk membebaskan Sandera. Pemerintah Indonesia akan melakukan berbagai upaya untuk melepaskan Philips dari cengkraman KKB Papua.

Salah satunya, Pemerintah akan melakukan pendekatan persuasif ke KKB Papua. Hal itu dilakukan oleh Pemerintah karena memprioritaskan keselamatan Sandera agar tak dilukai oleh KKB.

Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

"Pemerintah akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan penyelamatan terhadap Sandera dengan pendekatan-pendekatan yang sifatnya persuasif, karena yang diutamakan adalah keselamatan sandera," ujar Mahfud MD.

Sebelumnya diberitakan, Pesawat milik Susi Air dengan nomor penerbangan SI 9368 dibakar oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)  Papua pimpinan Egianus Kogoya di Landasan Terbang Paro, Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, pada Selasa, 7 Pebruari 2023, pagi. 

Pesawat Susi Air dengan nomor registrasi PK BVY dengan rute Timika-Paro. Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Juinta Omboh (JO) Sembiring dalam pesan singkatnya membenarkan kejadian tersebut.

"Benar pesawat susi air sudah dibakar. Pelaku pembakaran diduga kuat dilakukan oleh Kelompok Separatis Teroris pimpinan Egianus Kogoya," kata Danrem dalam pesan singkatnya. 

Danrem belum mengetahui kondisi pilot dari pesawat susi air tersebut. "Untuk kondisi Pilot dan Co Pilot kami belum bisa memastikan. Namun kita doakan semoga mereka selamat," ujar Danrem.

Sejumlah orang yang pemerintah juluki sebagai kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

Photo :
  • ANTARA

Komandan Satgas Damai Cartenz Kombes Faizal Rahmadani juga mengaku belum mengetahui nasib Capten Philips Max Mehrtens, pilot berkebangsaan Selandia Baru bersama lima penumpang pesawat Susi Air yang dibakar di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua.    

"Hingga kini kami masih belum mengetahui nasib pilot dan penumpangnya," kata Kombes Faizal kepada Antara di Jayapura, Selasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya