Pilot Susi Air Disandera KKB Belum Ditemukan, TNI-Polri Terus Mencari  

Pertemuan TNI dan tim Susi Air di Papua
Sumber :
  • Pendam XVII/Cenderawasih

VIVA Nasional - Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa menegaskan bahwa proses operasi pencarian Pilot Susi Air Capt Philip Mark Mehrtens terus dilakukan semaksimal mungkin di wilayah Nduga dan sekitarnya.

Tangkap Anggota KKB, Pos Satgas Operasi Damai Cartenz di Intan Jaya Papua Ditembaki

Upaya pencarian terus dilakukan oleh Tim Gabungan TNI, Polri, baik melalui pesawat udara, helikopter maupun melalui jalur darat dan juga upaya-upaya Pemda Kabupaten Nduga serta para tokoh masyarakat dengan pendekatan soft approach dialog dan membangun komunikasi.

Pertemuan TNI dan tim Susi Air di Papua

Photo :
  • Pendam XVII/Cenderawasih
Dua Orang Anak di Intan Jaya dan Yahukimo Papua Ditembak KKB

Sementara itu, Managing Director Susi Air, Mr. Geoffrey Meyssonnier telah melakukan pertemuan dengan Pangkogabwilhan III Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, Senin (13/2) di Rimba Papua Hotel Timika membahas pencarian Pilot Susi Air Capt Philip Mark Mehrtens yang masih belum diketahui keberadaanya.

“Hari ini, kami dari maskapai Susi Air menyampaikan sangat sedih dan sangat terpukul dari kejadian tersebut mengingat apa yang sudah dilakukan selama ini semuanya adalah  untuk membangun Tanah Papua, sejak pertama masuk Papua tahun 2006 dimana kita melayani penerbangan masyarakat Papua,” kata Mr. Geoffrey Meyssonnier didampingi Ibu Melinasary selaku Chief Of Operation,” Selasa, 14 Pebruari 2023.

Ketua BEM UI Ngaku Dapat Intimidasi Usai Kritik TNI Langgar HAM di Papua

Dikatakannya, maskapai Susi Air hadir di Papua juga untuk merintis penerbangan, termasuk secara pribadi membantu memberikan bantuan kesehatan obat-obatan bagi masyarakat, dan membantu pemerintah dengan mengambil berbagai resiko agar penerbangan di Indonesia khususnya Papua untuk bisa lebih berkembang.

"Dengan kejadian ini, kami tidak akan berhenti terbang di wilayah Papua, dan kami tetap terbang di tempat lain, namun tolong kami diberi perlindungan," jelas Ibu Melinasary selaku Chief Of Operation.

Selain itu, saat kejadian pesawat Susi Air juga dibakar dan hilangnya Pilot Mr. Philip yang pada saat itu melakukan jadwal terbang rutin seminggu sekali.

Menyikapi masih belum ditemukannya Pilot Susi Air, lebih lanjutnya disampaikan bahwa pihak Susi Air akan memberi dukungan kepada TNI Polri bersama pihak lain.

Tim Susi Air di Papua

Photo :
  • Pendam XVII/Cenderawasih

"Kami sudah mendukung penerbangan untuk proses pencarian dan memberi bantuan logistik berupa makanan dalam pencarian Pilot kami," ungkapnya.

Pihak Susi Air berharap Pilot Mr Philip kembali kepangkuan keluarganya dalam keadaan selamat, saya berharap sekali bantuan seluruh masyarakat Papua yang punya akses dan juga aparat TNI Polri untuk bisa berhasil menemukan Pilot Susi Air dalam kondisi aman dan selamat.

"Terlebih kami berharap pencarian, termasuk jika ada informasi dan negoisasi bisa diinformasikan serta berjalan lancar," harap Ibu Melinasary.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya