Panglima TNI Beri Kabar Terbaru soal Pilot Susi Air yang Disandera KKB

Pilot Susi Air, Kapten Philips Max Mehrtens disandera KKB Papua.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan bahwa pilot pesawat Susi Air, Kapten Philips Max Merthens hingga kini masih menjadi sandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Nduga, Papua.

Meningkatkan Literasi Digital di Wilayah Timur, Langkah Menuju Pendidikan Merata

"(Masih disandera) Iya masih itu," ujar Laksamana Yudo di Jakarta Selatan, Kamis 16 Februari 2023.

Pertemuan JMC RI-Papua Nugini, Dirjen Adwil Kemendagri: Tingkatkan Kerja Sama di Perbatasan

Kemudian, Yudo pun masih enggan merinci terkait keberadaan Kapten Philips. Pasalnya, ia masih akan terus berupaya untuk berkoordinasi dengan Bupati di Papua guna menyelamatkan pilot Susi Air tersebut dari dekapan KKB.

"Ya kita nunggu dulu. Karena dari Bupati minta waktu dia akan nego dulu," kata Yudo.

Detik-detik Satgas Tempur TNI Pukul Mundur Gerombolan OPM di Distrik Homeyo

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD juga sempat menanggapi masih disanderanya pilot Susi Air Pihilip Mertens oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya di Paro, Nduga, Papua Pegunungan.

Pilot Susi Air, Kapten Philips Max Mehrtens disandera KKB Papua.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Menurut Mahfud, Papua berdasarkan konstitusi, hukum internasional dan kenyataan faktual adalah bagian NKRI. Dia menegaskan tak boleh ada negosiasi

"Oleh sebab itu tidak ada negosiasi soal itu dan kami akan mempertahankan serta memberantas setiap gerakan yang ingin mengambil secuilpun dari NKRI," kata Mahfud di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 15 Februari 2023.

Pilot Susi Air, Kapten Philips Max Mehrtens disandera KKB Papua.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Mahfud meenjelaskan, saat ini pemerintah dan aparat keamanan tengah melakukan upaya persuasif untuk menyelamatkan sandera, Pilot Susi Air. Menurut Mahfud, keselamatan sandera menjadi prioritas.

"Kami sedang melakukan persuasi, untuk bisa menyelamatkan sandera. Keselamatan sandera adalah prioritas. Oleh sebab itu persuasi pendekatannya," kata Mahfud.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya