Gempa Berkekuatan M 2,7 Guncang Kota Jayapura

Ilustrasi gempa bumi.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Nasional – Gempa dengan kekuatan magnitude (M) 2,7 mengguncang Kota Jayapura, Jumat, 17 Februari 2023. Gempa terjadi pukul 16.55 WIB. Pusat gempa berada di darat.

KPU Ungkap Telah Pecat 13 Orang PPD Papua Tengah, Ini Alasannya

“Pusat gempa berada di darat 7 km barat laut Kota Jayapura dan gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat,” tulis BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) melalui cuitan di akun twitter resminya, 17 Februari 2023.

Gempa berada pada kedalaman 5 kilometer dan tak berpotensi tsunami. Sementara itu, titik koordinat gempa berada pada 2.53 LS (Lintang Selatan) dan 140.65 BT (Bujur Timur).

WNA Asal Papua Nugini Ditangkap di Papua Karena Bawa Dua Butir Amunisi Ilegal

Gempa dirasakan dengan skala MMI pada wilayah Jayapura dengan skala II-Kota. Skala MMI yang dirasakan adalah II yang artinya gempa tidak dirasakan atau dirasakan hanya oleh beberapa orang tetapi terekam oleh alat.

Top Trending: Kiai Rela Serahkan Istrinya ke Oknum Habib Hingga Patung Liberty Berguncang

Sebelumnya, pada pukul 10.45 WIB juga terjadi gempa dengan berkekuatan magnitude (M) 4,1 SR di pusat gempa berada darat 4 km Barat Laut Kota Jayapura.

Kemudian pukul 11.23 WIB juga kembali terjadi gempa M 2,7.  Pusat gempa berada di darat 3 km Barat Laut Kota Jayapura. Pada pukul 14.33 WIB kembali gempa berkekuatan M 3,4. Pusat gempa berada di darat 0,9 km timur laut Sampara, kab.Konawe.

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Photo :
  • ANTARA

Pada pukul 16.37 WIB kembali terjadi gempa M 6,6. Pusat gempa berada di laut 125 km Barat Daya Maluku Tenggara. Dalam satu hari Jumat, 17 Februari 2023, hingga kini terjadi lima kali gempa. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat dalam sepekan terakhir di wilayah Indonesia terjadi aktivitas gempa signifikan dan dirasakan masyarakat sebanyak 41 kali dalam berbagai variasi magnitudo dan kedalaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya