4 Fakta Terbaru Helikopter Kapolda Jambi Mendarat Darurat di Hutan Kerinci

Helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi mendarat darurat di hutan.
Sumber :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution (Jambi)-tangkapan layar video.

VIVA Nasional – Helikopter jenis Super Bell 3001 yang ditumpangi Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono mendarat darurat di titik Koordinat S20 9’ 3.53” E1010 42’ 12.63 tepatnya di Hutan Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci Minggu, 19 Februari 2023 sekitar pukul 11:02 WIB.

Kapolri Sebut Kedewasaan Politik di 2024 Jauh Lebih Baik Dibanding 2019

Helikopter itu mengangkut delapan orang penumpang yang terdiri atas Kapolda Jambi, Dirreskrimum Kombes Pol Andri Ananta, Dirpolairud Polda Jambi, Kombes Pol Muchael Bumbunan, Korpspripim Polda Kompol A Yani Jambi dan seorang ADC Kapolda Jambi, serta tiga kru helikopter AKP Ali , AKP Amos F, Aipda Susilo.

Helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi mendarat darurat di hutan.

Photo :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution (Jambi)-tangkapan layar video.
Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

Berikut kami telah merangkum sejumlah fakta terbaru terkait helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi dan rombongan, melansir VIVA Senin 20 Februari 2023.

1. Helikopter ditemukan

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto mengabarkan bahwa helikopter Super Bell 3001 yang ditumpangi Kapolda Jambi beserta rombongan jajaran Polda Jambi sudah ditemukan dan akan dievakuasi.  Hal itu juga terlihat dari video helikopter yang dibawa Tim SAR Baharkam Polri disebarkan ke Polda Jambi dan tampak, semua alat bantuan dikerahkan.

"Ya, benar sudah ditemukan dan tinggal dievakuasi lagi," jelas Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto, Senin, 20 Februari 2023.

Sebelumnya pencarian yang dilakukan tim gabungan yang terdiri dari Tim SAR, TNI, Polri dan warga ini sempat terhalang cuaca buruk serta lokasi persis helikopter itu sulit dijangkau lantaran wilayah perbukitan dan hutan yang masih cukup lebat.

2. Biddokkes diterjunkan ke lokasi

Helikopter Pencari Kapolda Jambi Mendarat di Lapangan Bola Tamiai

Photo :
  • Syarifuddin Nasution (Jambi)

Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Jambi (Biddokkes Jambi) diterjunkan ke lokasi kejadian Helikopter yang mendarat darurat di hutan bukit Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Jambi.

"Ya tim Biddokkes Polda Jambi diterjunkan ke lokasi kejadian dengan tujuan siap evakuasi perawatan para korban saat ditemukan dan setelah itu baru dibawa ke rumah sakit daerah terdekat," ujar Mulia Prianto

Personel Basarnas Jambi menggunakan sepeda motor trail dari Minggu sore hingga malam, 19 Februari 2023, untuk menjangkau lokasi helikopter jatuh yang membawa Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan tujuh orang lainnya.

Photo :
  • ANTARA

3. Cuaca buruk jadi penyebab

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan helikopter yang membawa Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono dan rombongan terpaksa mendarat darurat karena mengalami gangguan cuaca buruk dan jarak pandang.

“Helikopter terpaksa melakukan pendaratan darurat karena mengalami gangguan terkait cuaca buruk dan jarak pandang serta kabut,” kata Listyo

4. Semua penumpang selamat

Kemudian Kapolri memastikan bahwa seluruh penumpang yang terdiri dari delapan orang tersebut dinyatakan selamat meskipun beberapa dari mereka mengalami luka-luka, salah satunya Kapolda Jambi yang mengalami luka patah tulang tangan kanan.

“Alhamdulillah, saat ini kita sudah mendapat informasi bahwa dari penumpang yang berjumlah delapan orang, semua masih dalam kondisi selamat walau ada beberapa yang terluka,” kata Sigit.

Helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi mendarat darurat di hutan.

Photo :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution (Jambi)-tangkapan layar video.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya