Bupati Ricky Ham Pagawak Diterbangkan ke Jakarta Dikawal Ketat Brimob

Buronan KPK Ricky Ham Pagawak dibawa ke Jakarta dengan kawalan Brimob
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

VIVA Nasional – Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (RHP) tersangka korupsi yang menjadi buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diterbangkan ke Jakarta, pagi ini, Senin 20 Februari 2023. Ricky Pagawak diboyong ke Jakarta setelah ditangkap pada Minggu, 19 Februari 2023 kemarin di Jayapura. 

Wow! Crazy Rich Vietnam Divonis Mati Gegara Korupsi 200 Triliun

Ricky Ham Pagawak dibawa ke Jakarta dengan menggunakan pesawat komersil dari Bandara Sentani, Jayapura, dengan pengawalan personel Brimob Polda Papua. "Hari ini dibawa ke Jakarta dikawal Brimob. Aman lancar," kata Kapolda Papua, Irjen Mathius Fakhiri saat dikonfirmasi wartawan.

Sementara Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan Ricky Ham sudah diterbangkan dari Papua naik maskapai Garuda Indonesia pada jam 08.35 WIT dengan pengawalan ketat.

Biar Gak Semakin Hancur, Pakar Kesehatan Mental Sarankan Ini pada Sandra Dewi

"Sudah diterbangkan ke Jakarta jam 08.35 WIT dengan pesawat Garuda dikawal 4 anggota KPK dan Brimob Polda," ungkapnya

Buronan KPK Ricky Ham Pagawak dibawa ke Jakarta dengan kawalan Brimob

Photo :
  • VIVA/Aman Hasibuan
Pakar Kesehatan Mental Soroti Kondisi Sandra Dewi: Pasti Kena Mentalnya

Terpisah, Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri juga membenarkan buronan KPK Ricky Ham Pagawak dalam perjalanan menuju Gedung KPK Jakarta.

"Iya betul hari ini dibawa ke Jakarta. Sekarang masih dalam perjalanan ke Jakarta setelah terbang pada pukul 8.25 WIT," kata Ali Fikri.

Sebelumnya diberitakan, KPK mengumumkan bahwa mereka berhasil menangkap Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (RHP) yang menjadi tersangka pada kasus dugaan suap pada Minggu, 19 Februari 2023.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, memastikan, pihaknya akan membawa RHP ke Jakarta pada Senin, 20 Februari 2023 besok.

"Rencana besok pagi tersangka RHP akan dibawa ke Jakarta untuk menjalani proses hukum atas dugaan tindak pidana korupsi," kata Firli pada Minggu, 19 Februari 2023.

Atas keberhasilan penangkapan RHP beserta penghubungnya hari ini, Firli pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu KPK. "Ini kerja sama antaraparat baik KPK, Polda Papua, TNI. Semua kita tuntaskan jika kita bisa bersama, bersatu, bahu-membahu," ujarnya.

Diketahui, sebelumnya Firli juga melaporkan bahwa selain berhasil meringkus Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (RHP), mereka juga berhasil menangkap penghubung Ricky yang masuk dalam DPO tersebut.

Dia menjelaskan, pada Sabtu (18/2) sore kemarin, KPK memperoleh info terkait lokasi persembunyian RHP. Terpantau, pada hari Minggu (19/2) pagi sampai siang, RHP ada di suatu lokasi di Abepura dan tidak ada pergerakan.

Sekira pukul 15.00 WIT dilakukan penangkapan terhadap penghubung RHP," kata Firli. Berdasarkan informasi yang didapat KPK tentang keberadaan RHP, diketahui bahwa tempat yang diduga menjadi persembunyian RHP adalah di Abepura.

"Sekira pukul 16.30 WIT, RHP bisa diamankan dan langsung dibawa ke Mako Brimob Polda Papua," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya