Soal Rencana Mundur dari Menpora, Zainudin Amali: Saya Lapor Presiden Dulu

Menpora Zainudin Amali
Sumber :
  • VIVA/B.S Putra

VIVA Nasional – Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali mengaku akan melapor kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai dirinya yang saat ini terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Amali mengatakan, dirinya masih belum tahu apakah akan mundur atau tidak sebagai Menpora sejak terpilih sebagai Waketum PSSI ini.

Senang Kendaraan Listrik Makin Menjamur, Jokowi Sebut Pabrik Baterai Beroperasi Bulan Depan

Saat ini, menurut Amali, dirinya selaku pembantu Presiden tidak dapat mengambil keputusan sendiri. Akan mundur atau tidak sebagai Menpora, Amali masih menunggu bagaimana arahan dari Presiden Jokowi.

"Nggak, saya mau lapor dulu. Tunggu setelah itu. Kita lapor dulu dong, kan kita pembantu presiden. Nggak ada kita memutuskan sendiri walaupun ada keinginan," kata Amali, di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin 20 Februari 2023.

Jokowi Singgung Peluang Besar Industri Kendaraan Listrik di Indonesia

Erick Thohir, Ketum PSSI dan Wakil Ketum PSSI Zainuddin Amali dan Ratu Tisha

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Amali menambahkan, meskipun dari dalam dirinya memiliki keinginan untuk mundur dari jabatannya sebagai Menpora, namun hal itu tak bisa dilakukan. Karena dirinya menyebut jika dilihat dari etika dan kepatutan seorang Menteri, sebelum mengambil keputusan semestinya meminta arahan dulu dari Presiden.

Indonesia Dipercaya Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Senam, Menpora Dito: Ini Sejarah

"Kalaupun toh menjadi keinginan tapi etikanya sebagai pembantu preaiden harus lapor dulu kepada presiden, KLB, kemudian kebijakan beliau seperti apa,"ujarnya

Amali juga mengatakan, dirinya datang ke Istana pada hari ini atas undangan Presiden Jokowi. Dirinya datang bersama dengan ketua Umum PSSI Erick Thohir yang juga menteri BUMN. Namun dia belum tahu apa yang akan dibahas oleh Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, Zainudin Amali terpilih menjadi Waketum PSSI usai Yunus Nusi yang terpilih sebagai Wakil Ketua Umum di KLB PSSI menyatakan mundur.

Sejatinya Yunus Nusi mendapatkan 53 suara. Dia sebagai terpilih sebagai Wakil Ketua PSSI 2. Sementara Ratu Tisha memperoleh 54 suara untuk menjadi Wakil Ketua PSSI 1.

Adapun, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), RI, Zainudin Amali menerima 44 suara.

Erick Thohir, Ketua Umum PSSI dan Wakil Ketum PSSI Zainuddin Amali

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Hasil ini adalah penghitungan ulang setelah terjadi dugaan manipulasi suara terhadap Ratu Tisha. Pada pemilihan pertama, Yunus sejatinya juga terpilih sebagai Waketum PSSI. Dia berada di peringkat kedua dengan 54 suara, kalah dari Zainudin Amali dengan 66 suara.

Sedangkan Ratu Tisha tidak terpilih karena hanya meraih 41 suara. "Update, Yunus Nusi mundur sebagai Wakil Ketua PSSI 2 dan Zainudin Amali naik menjadi Wakil Ketua Umum PSSI 2," tulis PSSI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya