Lokasi Diselimuti Kabut hingga Ada Petir, Evakuasi Kapolda Jambi Dilanjutkan Besok

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo.
Sumber :
  • VIVA/ Lucky Aditya.

VIVA Nasional – Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, proses evakuasi penumpang helikopter rombongan Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono dihentikan sementara pada Senin sore, 20 Februari 2023. Karena, kata dia, faktor cuaca yang belum bisa melakukan evakuasi terhadap korban.

Baliho Bertebaran Dimana-mana, Kapolda Irjen Luthfi Bantah Ancang-ancang Pilgub Jateng

“Proses evakuasi dihentikan karena cuaca ketika sudah angin kemudian berkabut, bahkan ada petir,” kata Dedi di Mabes Polri.

Menurut dia, proses evakuasi khusus memang sangat bergantung pada situasi cuaca. Mungkin, kata dia, proses evakuasi dilanjutkan pada Selasa pagi, 21 Februari 2023. “Apabila cuaca nanti kembali membaik, batas waktu evakuasi yang kami dapat dari Tim SAS di Kerinci adalah jam 8 malam,” ujarnya.

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

Karena, lanjut Dedi, BMKG bisa memberikan toleransi waktu ini untuk menjaga seluruh keselamatan kru helikopter dan keselamatan yang di bawah sampai jam 8 malam.

“Apabila jam 8 malam hari ini cuaca tidak memungkinkan, maka proses evakuasi akan dilakukan besok pagi. Kita berdoa bersama semoga cuaca membaik di titik lokasi di mana akan dilakukan evakuasi terhadap 8 korban,” ungkapnya

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Helikopter Sinar Mas membantu evakuasi Kapolda Jambi dan rombongan

Photo :
  • tvOne

Sebelumnya diberitakan, Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan bantuan untuk kegiatan evakuasi helikopter yang ditumpangi rombongan Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono mendarat darurat sudah mulai berdatangan pada Senin, 20 Februari 2023.

“Ya bantuan pagi tadi sudah diterima oleh rombongan Kapolda,” kata Dedi di Mabes Polri.

Ia menjelaskan, tim evakuasi darat sebanyak 12 orang yang dipimpin langsung Kapolres Kerinci AKBP Patria Yudha Rahadian melalui jalur masuk Desa Jembatan Payung, Batang Merangin, Kabupaten Kerinci.

“Sekira Pukul 02.00 Wib, Tim evakusai mengalami trobel sebanyak 3 orang yang mengalami keram kaki, dan dilanjut 9 orang menuju titik Heli dan rombongan Bapak Kapolda yang mana pada saat itu jarak menuju lokasi sekitar 2 Km lagi,” ujarnya.

Sekira Pukul. 04.00 Wib, kata Dedi, Tim Evakuasi Darat berhasil menemukan rombongan Kapolda dan memberikan Bantuan MTP, selimut dilanjutkan dengan suplai Air serta MTP melalui heli Direktorat Polisi Airud.

“Saat ini Tim Evakuasi Udara yang dipimpin Wadansat Brimob Polda Jambi AKBP Boi Sutan Binaga Siregar sedang dalam perjalanan untuk menuju lokasi evakuasi Bapak Kapolda. Selanjutnya, direncanakan untuk evakuasi sementara menuju Rumah Sakit Sungai Penuh Kabupaten Kerinci sebelum diterbangkan menuju Rumah Sakit di Jambi,” ungkapnya.

Kapolda Jambi dan Rombongan Ditemukan, Ada yang Cedera dan Patah Kaki

Photo :
  • Tangkapan layar media sosial/ Syarifuddin Nasution (Jambi)

Diketahui, Kepala Bidang Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto menyebutkan, memastikan rombongan Kapolda Jambi, dan rombongan dalam keadaan selamat usai pendaratan darurat.

Helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi dikabarkan mendarat darurat di sebuah Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci, Jambi pada Minggu, 19 Februari 2023.

Informasi yang diperoleh, Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono bersama rombongan hendak menuju ke Kabupaten Kerinci. Mereka dijadwalkan melakukan kunjungan ke Kerinci untuk meresmikan Gedung baru SPKT Polres Kerinci pada Minggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya