Polda Jatim Buru Pemasok Bahan Petasan yang Meledak hingga Tewaskan 4 Orang di Blitar

Ledakan petasan menghancurkan puluhan rumah di Blitar, Jawa Timur
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA Nasional – Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Toni Harmanto menegaskan, pihaknya akan menyelidiki secara mendalam dan tuntas peristiwa ledakan bubuk petasan yang menewaskan empat orang di Dusun Tegalrejo, Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Minggu, 19 Februari 2023 malam. Pemasok bahan petasan bakal diburu.

Izin Menginap di Kantor Polisi, Pria Tuban Ini Ternyata Baru Membunuh Istrinya

“Kami pastikan lagi nanti korbannya, kemudian pelakunya, termasuk sumber-sumber bahan-bahan yang digunakan,” kata Toni di Surabaya, Senin, 20 Februari 2023.

Dia mengatakan, pihaknya masih melakukan pendalaman terhadap peristiwa memilukan tersebut. Tim Laboratorium Forensik Polda Jatim sudah diterjunkan ke lokasi untuk membantu kepolisian setempat menyelidiki kasus tersebut. “Tim labfor sudah datang [ke TKP],” ujar Toni.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Ledakan petasan menghancurkan puluhan rumah di Blitar, Jawa Timur

Photo :
  • FB

Sebelumnya, Kepala Bidang Labfor Polda Jatim Kepala Bidang Labfor Polda Jatim Kombes Pol Sodiq Pratomo menjelaskan, ada delapan personel Labfor Polda Jatim yang sudah diberangkatkan ke Blitar untuk membantu penyelidik kepolisian setempat dalam melakukan penyelidikan peristiwa memilukan tersebut.

Buka Pendaftaran, Ini Kriteria Calon Wali Kota Malang yang Dicari PKB untuk Pilkada 2024

Delapan personel itu dibagi menjadi dua tim. Tim pertama membantu memeriksa bahan peledak dan tim kedua membantu mengidentifikasi korban. “Tim Labfor Polda Jatim sudah diberangkatkan ke lokasi,” ujar Sodiq.

Diberitakan sebelumnya, sebuah ledakan hebat terjadi di Dusun Tegalrejo, Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, pada Minggu, 19 Februari 2023 malam diduga akibat timbunan bubuk petasan. Data sementara, empat orang tewas akibat peristiwa itu dan puluhan rumah rusak.

"Diduga timbunan bahan peledak [bubuk petasan] meledak mengakibatkan rumah di wilayah Dusun Tegalrejo, Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok mengalami kerusakan dan menimbulkan luka-luka, korban jiwa, dan orang hilang," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Blitar Ivong Bertyanto, dikonfirmasi, Senin, 20 Februari 2023.

Ledakan petasan menghancurkan puluhan rumah di Blitar, Jawa Timur

Photo :
  • Ist

Dia menjelaskan, peristiwa memilukan itu terjadi pada Minggu malam kemarin sekira pukul 22.45 WIB. Ledakan tiba-tiba terjadi di sebuah rumah di RT 1 RW 13 Dusun Tegalrejo. Diduga, ledakan hebat itu terjadi berasal dari timbunan bubuk petasan.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Blitar Kota Inspektur Polisi Satu Achmad Rochan mengatakan, keempat korban tewas teridentifikasi satu keluarga. Hal itu diketahui setelah petugas berhasil mengidentifkasi dari potongan tubuh yang ditemukan saat penyisiran di lokasi.

“Potongan tubuh ini ditemukan petugas yang sedang melakukan penyisiran di lokasi,” kata Rochan dikonfirmasi VIVA pada Senin, 20 Februari 2023.

Keempat korban tewas itu ialah pemilik rumah bernama Darman (65 tahun). Dia ditemukan tewas dalam kondisi tubuh yang utuh. Sementara dua anak dan satu keponakannya ditemukan dalam kondisi mengenaskan. Tiga potongan tubuh yang ditemukan teridentifikasi milik Aripin (anak Darman), Widodo (anak Darman), dan Wawa (keponakan Darman).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya