Enam Helikopter Dikerahkan untuk Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi

VIVA Militer: Helikopter NAS-332 Super Puma TNI AU Diterbangkan ke Jambi
Sumber :
  • Dispenau

VIVA Nasional – Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan sejumlah helikopter dikerahkan untuk melakukan evakuasi penumpang helikopter rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono di Kabupaten Kerinci yang mendarat darurat pada Minggu, 19 Februari 2023.

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

“Ada 6 heli, terdiri dari 2 helikopter Baharkam, 1 unit helikopter PT. WKS, 1 unit helikopter di Polda Sumsel, 1 unit helikopter dari Basarnas, 1 helikopter dari TNI AU yang standby di Jambi,” kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta, pada Senin, 20 Februari 2023.

Menurut dia, proses evakuasi melalui rappeling itu pukul 13.30 WIB dengan dua orang anggota Brimob turun. Selain itu, dua dari kedokteran Kepolisian juga ikut turun untuk melakukan perawatan medis atau memberi pertolongan pertama pada korban, khususnya Kapolda Jambi.

Baliho Bertebaran Dimana-mana, Kapolda Irjen Luthfi Bantah Ancang-ancang Pilgub Jateng

Helikopter Sinar Mas membantu evakuasi Kapolda Jambi dan rombongan

Photo :
  • tvOne

“Pak Kapolda mengalami luka yang cukup berat dibanding yang lainnya,” katanya.

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

Menurut dia, proses evakuasi khusus memang sangat bergantung pada situasi cuaca. Mungkin, kata dia, proses evakuasi dilanjut pada Selasa pagi, 21 Februari 2023. “Kita berdoa bersama semoga cuaca membaik di titik lokasi dimana akan dilakukan evakuasi terhadap 8 korban,” katanya.

Dedi Prasetyo sebelumnya mengatakan bantuan untuk kegiatan evakuasi helikopter yang ditumpangi rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono mendarat darurat sudah mulai berdatangan pada Senin, 20 Februari 2023.

Ia menjelaskan, tim evakuasi darat sebanyak 12 orang yang dipimpin langsung Kapolres Kerinci AKBP Patria Yudha Rahadian melalui jalur masuk Desa Jembatan Payung, Batang Merangin, Kabupaten Kerinci.

Helikopter Pencari Kapolda Jambi Mendarat di Lapangan Bola Tamiai

Photo :
  • Syarifuddin Nasution (Jambi)

“Sekira Pukul 02.00 Wib, Tim evakusai mengalami trobel sebanyak 3 orang yang mengalami keram kaki, dan dilanjut 9 orang menuju Titik Helly dan rombongan Bapak Kapolda yang mana pada saat itu jarak menuju lokasi sekitar 2 Km lagi,” ujarnya.

Sekira pukul. 04.00 Wib, kata Dedi, Tim Evakuasi Darat berhasil menemukan rombongan Kapolda dan memberikan Bantuan MTP, selimut dilanjut dengan Suplay Air serta MTP melalui Helly Direktorat Polisi Airud.

“Saat ini Tim Evakuasi Udara yang dipimpin Wadansat Brimob Polda Jambi AKBP Boi Sutan Binaga Siregar sedang dalam perjalanan untuk menuju lokasi evakuasi Bapak Kapolda. Selanjutnya, direncanakan untuk evakuasi sementara menuju Rumah Sakit Sungai Penuh Kabupaten Kerinci sebelum diterbangkan menuju Rumah Sakit di Jambi,” ungkapnya.

Kepala Bidang Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto memastikan rombongan Kapolda Jambi, dan rombongan dalam keadaan selamat usai pendaratan darurat.

Helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi mendarat darurat di sebuah Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci, Jambi pada Minggu, 19 Februari 2023. Irjen Rusdi Hartono bersama rombongan hendak menuju ke Kabupaten Kerinci. Mereka dijadwalkan melakukan kunjungan ke Kerinci untuk meresmikan gedung baru SPKT Polres Kerinci pada Minggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya