Jokowi Kirim 140 Ton Bantuan Logistik Untuk Korban Gempa Turki dan Suriah

Presiden Jokowi saat melepas Bantuan untuk Korban Gempa Turki dan Suriah
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melepas bantuan untuk korban gempa yang terjadi di Turki dan Suriah. Bantuan tersebut dikirim pemerintah Indonesia melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdankusuma, Jakarta Timur pada Selasa pagi 21 Februari 2023.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Kepala Negara mengatakan, ada sebanyak 4 pesawat yang diberangkatkan pada hari ini melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma. Empat pesawat tersebut mengangkut bahan makanan dan juga bahan logistik yang diperlukan para korban bencana gempa di Turki.

"Diplomasi kemanusiaan terus-menerus dilakukan oleh negara kita Indonesia, dan pada pagi hari ini kita akan mengirimkan empat pesawat ke Turki dan ke Suriah yang berisi 140 ton bahan makanan dan bahan-bahan logistik lainnya yang sangat diperlukan di sana," kata Presiden Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa 21 Februari 2023.

Prabowo dan Gibran Bakal Temui Jokowi Nanti Malam

Pesawat Hercules C-130 TNI AU angkut warga Turki yang jadi korban gempa

Photo :
  • Dok. Istimewa

Presiden Jokowi mengatakan, sebelumya Indonesia juga telah mengirimkan Tim SAR untuk korban bencana gempa di Turki dan Suriah. Kemudian ada juga bantuan berupa obat-obatan dan rumah sakit lapangan yang juga dikerahkan untuk membantu korban bencana alam di Turki dan Suriah.

Sri Agustin, Nasabah Mekaar yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel

Indonesia juga menjadi negara yang meminjamkan pesawat angkut untuk kebutuhan penanganan bencana gempa bumi di Turki dan Suriah. Jokowi berharap bantuan yang telah diberikan ini dapat meringankan dan membantu Pemerintahan Turki dan Suriah dalam melewati bencana ini.

"Sebelumnya juga telah kita kirim tim SAR dan tim medis, serta Rumah Sakit lapangan yang sangat membantu, plus juga pesawat Hercules yang sangat membantu awal-awal evakuasi korban-korban bencana gempa yang ada di Turki maupun yang ada di Suriah. Kita harapkan apa yang kita kirimkan ini nanti dapat membantu saudara-saudara kita yang ada di sana," ujarnya 

Sebelumnya diberitakan, Gempa bumi dahsyat melanda Turki selatan di dekat perbatasan Suriah Senin pagi 6 Februari 2023, diikuti oleh gempa susulan, dan dirasakan di Suriah dan sejauh Lebanon, Siprus, Irak, dan Mesir.

VIVA Militer: Korban Gempa Turki dievakuasi menggunakan Hercules C-130 TNI AU

Photo :
  • Kemhan RI

Setidaknya 568 dilaporkan tewas dan ratusan lainnya terluka akibat gempa tersebut, The Associated Press melaporkan. Puluhan bangunan runtuh di kota-kota di seluruh wilayah perbatasan.

Pusat gempa berkekuatan 7,8 itu berpusat sekitar 33 kilometer (20 mil) dari Gaziantep, menurut Survei Geologi Amerika Serikat. Itu berpusat pada kedalaman 18 kilometer (11 mil).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya