Sempat Terkendala Cuaca, Evakuasi Rombongan Helikopter Kapolda Jambi Dilanjutkan Hari Ini

Personel Basarnas Jambi menggunakan sepeda motor trail dari Minggu sore hingga malam, 19 Februari 2023, untuk menjangkau lokasi helikopter jatuh yang membawa Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan tujuh orang lainnya.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Nasional – Proses evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan kembali dilanjutkan pada Selasa, 21 Februari 2023. Proses evakuasi sempat dihentikan akibat cuaca buruk pada Senin, 20 Februari 2023.

5 Negara dengan Angkatan Udara Terkuat di Dunia Tahun 2024, Indonesia Gak Termasuk?

Kepala Kantor Basarnas Jambi, Kornelis menjelaskan sebanyak enam unit helikopter akan fokus untuk melakukan evakuasi seluruh rombongan helikopter Kapolda Jambi yang mendarat darurat di Bukit Tamiai, Kabupaten Kerinci.

“Heli yang akan digerakkan menuju lokasi nanti ada 4 unit diantaranya AW 189, Bell 429, Super Puma, dan Dauphin milik Basarnas menuju Posko terdekat. Nanti akan dilanjutkan menggunakan 2 helikopter milik PT Sinarmas dan BNPB menuju Rumah Sakit Bhayangkara Jambi,” kata Kornelis melalui keterangannya pada Selasa, 21 Februari 2023.

Israel vs Iran, Mana Lebih Unggul dalam Perlengkapan Militer?

Helikopter Sinar Mas membantu evakuasi Kapolda Jambi dan rombongan

Photo :
  • tvOne

Untuk itu, ia mengajak masyarakat supaya berdoa bersama-sama agar Kapolda Jambi dan rombongan penumpang helikopter yang mendarat darurat bisa dievakuasi hari ini. Sebelumnya, crew helikopter Polairud Polda Jambi yang mendarat darurat di Bukit Tamiai Kabupaten Kerinci belum bisa dievakuasi karena faktor cuaca.

Polri Siapkan Helikopter Jadi Ambulans Udara saat Arus Mudik, Bisa Turun di 6 Titik

“Kita doakan semoga cuaca hari ini bersahabat, dan seluruh crew yang masih berada di lokasi dapat segera kita evakuasi,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan bantuan untuk evakuasi helikopter yang ditumpangi rombongan Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono yang mendarat darurat, sudah mulai berdatangan pada Senin, 20 Februari 2023. “Ya bantuan pagi tadi sudah diterima oleh rombongan Kapolda,” kata Dedi di Mabes Polri.

Helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi mendarat darurat di hutan.

Photo :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution (Jambi)-tangkapan layar video.

Ia menjelaskan, tim evakuasi darat sebanyak 12 orang yang dipimpin langsung Kapolres Kerinci AKBP Patria Yudha Rahadian melalui jalur masuk Desa Jembatan Payung, Batang Merangin, Kabupaten Kerinci.

“Sekira pukul 02.00 WIB, Tim evakuasi mengalami trouble sebanyak 3 orang yang mengalami keram kaki, dan dilanjut 9 orang menuju titik heli dan rombongan Bapak Kapolda yang mana pada saat itu jarak menuju lokasi sekitar 2 kilometer lagi,” ujarnya.

Sekira pukul 04.00 WIB, kata Dedi, tim evakuasi darat berhasil menemukan rombongan Kapolda dan memberikan bantuan MTP, selimut dilanjut dengan suplay air serta MTP melalui heli Direktorat Polisi Airud.

“Saat ini tim evakuasi udara yang dipimpin Wadansat Brimob Polda Jambi AKBP Boi Sutan Binaga Siregar sedang dalam perjalanan untuk menuju lokasi evakuasi Bapak Kapolda. Selanjutnya, direncanakan untuk evakuasi sementara menuju Rumah Sakit Sungai Penuh Kabupaten Kerinci sebelum diterbangkan menuju rumah sakit di Jambi,” ujarnya.

Diketahui, Kepala Bidang Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto memastikan Kapolda Jambi dan rombongan dalam keadaan selamat usai pendaratan darurat.

Helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi dikabarkan mendarat darurat di sebuah Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci, Jambi pada Minggu, 19 Februari 2023.

Informasi yang diperoleh, Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono bersama rombongan hendak menuju ke Kabupaten Kerinci. Mereka dijadwalkan melakukan kunjungan ke Kerinci untuk meresmikan Gedung baru SPKT Polres Kerinci pada Minggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya