Cuaca Buruk, 4 Helikopter yang Evakuasi Kapolda Jambi Putar Balik

Halikopter putar balik ke lapangan KONI Desa Langling, Kec. Bangko, Kab Merangin
Sumber :
  • Syarifuddin Nasution (Jambi)

VIVA Nasional - Empat helikopter dari Baharkam Polri, SAR Basarnas, dan TNI-AU saat mengevakuasi rombongan Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono di hutan Bukit Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kebupaten Kerinci, Jambi. putar balik ke lapangan KONI Desa Langling, Kecamatan Bangko, Kabupaten Merangin, Jambi, Selasa (21/2). 

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

Putar baliknya empat helikopter dikarenakan faktor cuaca buruk di lokasi kejadian dan terlihat empat helikopter secara bersamaan mendarat di lapangan KONI, Merangin, Jambi.

Dari pantauan VIVA, tampak Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo dan jajaran Pejabat Polri berkumpul di Merangin. 

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan rombongan mendarat darurat di hutan

Photo :
  • tvOne

"Helikopter Putar balik karena cuaca buruk di lokasi kejadian," ujar Wakapolda Jambi, Brigjen Pol Yudawan Roswinarso, Selasa, 21 Februari 2023.

5 Negara dengan Angkatan Udara Terkuat di Dunia Tahun 2024, Indonesia Gak Termasuk?

Yudawan menyebutkan, untuk saat ini Kapolda Jambi bersama rombongan sehat selalu dan pasukan Tim Gabungan berjumlah 50 orang sudah di tempat kejadian yang sebelumnya ada gabung jalur darat. 

"Untuk makanan dan minuman sudah dipersiapkan dan sudah diberikan kepada rombongan Kapolda Jambi," jelasnya.

Yudawan mengatakan, nantinya saat rombongan Kapolda Jambi bisa dievakuasi akan dibawa ke Bangko, Merangin, untuk dirawat sementara dan setelah itu baru diterbangkan ke Jambi. 

"Yang menjadi kendala itu adalah cuaca karena di Kerinci terkadang cuaca terang dan gelap," tuturnya.

Ia juga menyebutkan, penerbangan helikopter menuju ke lokasi kejadian hanya membutuhkan waktu 20 menit dari KONI, Merangin, Jambi.  Di lokasi kejadian, Kapolda Jambi mengalami patah tangan kanan. 

"Kita doakan saja cuaca bagus serta kita doakan Kapolda Jambi bersama rombongan sehat selalu dan bisa cepat dievakuasi," katanya.

Diketahui, Helikopter Jenis Super Bell 3001 yang ditumpangi oleh Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono, Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Pol. Andri Ananta Yudistira, Dirpolairud Polda Jambi Kombes Pol. Michael Mumbunan, Koorspri Kompol Ayani dan ADC Polda Jambi  mendarat darurat di Hutan Bukit Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Jambi, Minggu siang, 19 Februari 2023, sekitar pukul 11.02 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya