Wapres Ma'ruf Amin Ingatkan Kapolri Benahi Skandal Internal Polri yang Meresahkan Publik

Wapres Ma'ruf Amin.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

VIVA Nasional –  Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk segera membenahi perilaku anggota Korps Bhayangkara yang bermasalah dan menimbulkan keresahan bagi masyarakat.

Pesan Idul Fitri Kapolri: Dalam Perbedaan Tercipta Indahnya Toleransi

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wapres dalam sambutannya di acara Anugerah Penghargaan Hasil Pemantauan dan Evaluasi Kinerja PPP dan Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Polri.

Ma'ruf mengatakan, saat ini tindakan yang dilakukan Polri bakal diawasi oleh seluruh masyarakat. Oleh karena itu, dia menilai perbuatan yang dilakukan oleh anggota Polri akan dapat membuat resah masyarakat. 

Menhub Ingatkan Semua Unsur Aparat Pastikan Kelancaran Arus Balik Lebaran

"Kita semua menyadari, setiap skandal yang timbul dari tubuh institusi kepolisian di negara manapun, pasti akan memicu keresahan, protes, bahkan agitasi publik," kata Ma'ruf Amin di Mabes Polri, Selasa 21 Februari 2023.

Wakil Presiden Maruf Amin didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi menyampaikan keterangan kepada wartawan, di Jakarta, Rabu, 21 Desember 2022.

Photo :
  • ANTARA/Desca Lidya Natalia
Besok Lebaran, Wapres Ma'ruf Ucapkan Selamat Rayakan Hari Kemenangan

Wakil Presiden itu menjelaskan anggota Polri tidak mungkin bisa bersembunyi dari pengawasan publik. Pasalnya ditengah era media sosial saat ini, masyarakat dapat memantau seluruh tingkah laku polisi dari setiap pelosok daerah. 

"Mata publik yang awas terhadap kinerja Polri menjadi penanda hubungan yang erat antara Polri dan masyarakat," kata dia. 

Oleh sebab itu, Ma'ruf berharap Polri dapat terus membangun interaksi positif dengan masyarakat. Sehingga dapat mempercepat Korps Bhayangkara dalam melakukan reformasi.  

"Saya berpesan, jaga dan mantapkan kinerja, serta berikan layanan yang terbaik. Kedepankan transparansi, objektivitas dan profesionalisme, atau saya singkat TOP. Jadi, Polri tidak hanya Presisi, tetapi juga TOP," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya