Kronologi Rombongan Kapolda Jambi Berhasil Dievakuasi dari Bukit Tamiai

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan
Sumber :
  • dok Polri

VIVA Nasional – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan menjelaskan kronologi penumpang helikopter rombongan Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono yang berhasil dievakuasi dari Bukit Tamiai, Kabupaten Kerinci pada Selasa, 21 Februari 2023.

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

“Proses evakuasi rombongan Bapak Kapolda Jambi, telah berhasil mengevakuasi 4 korban. Pertama pukul 14.27, di mana tim menggunakan helikopter milik Polri berhasil mengevakuasi 2 korban yaitu Co Pilot AKP Amos Sitompul, dan ADC Kapolda Briptu Aditya,” kata Ramadhan di Mabes Polri pada Selasa, 21 Februari 2023.
Kemudian, Ramadhan mengatakan tim berhasil melakukan evakuasi lagi terhadap dua orang menggunakan helikopter milik Polri pada jam 15.00 WIB, yaitu Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yudhistira, Direktur Polair Polda Jambi, Kombes Pol Michael Mumbunan.

“Jadi sudah berhasil 4 korban dievakuasi. Sedangkan, 4 lainnya masih dalam proses evakuasi. Sementara proses masih berlangsung,” ujarnya.

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Ambulans disiapkan evakuasi rombongan Kapolda Jambi.

Photo :
  • Darlianto/tvOne.

Menurut dia, empat korban akan dilakukan penanganan awal sebelum diterbangkan ke Rumah Sakit Bhayangkara Jambi. Sebab, kata dia, jarak tempuh dari Pos Merangin ke Rumah Sakit Bhayangkara Jambi butuh waktu sekitar 60 menit.

Polda Jatim: Kapolda Instruksikan Tindak Tegas Polisi di Surabaya yang Diduga Cabuli Anak Tiri

“Jarak tempuh dari titik lokasi sampai Post Merangin kurang lebih 15 menit, kemudian akan dilakukan penanganan awal dan nanti akan diteruskan ke RS Bhayangkara Jambi. Perkiraan jarak atau waktu dari Merangin ke RS Nambi membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dengan menggunakan transportasi udara atau heli,” jelas dia.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan empat orang penumpang helikopter Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono sudah berhasil dievakuasi dari Bukit Tamiai, Kabupaten Kerinci pada Selasa, 21 Februari 2023.

Adapun, empat orang yang berhasil dievakuasi adalah Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jambi, Kombes Andri Ananta Yudhistira; Direktur Polair Polda Jambi, Kombes Michael Mumbunan, ADC Briptu Muhardi Aditya; co pilot AKP Amos Freddy P Sitompul.

“ADC, Dirkrimum, Dirpolair dan copilot,” kata Dedi saat dikonfirmasi wartawan pada Selasa, 21 Februari 2023.

Sementara, Dedi belum bisa memastikan kondisi Kapolda Jambi Irjen Rusdi dan kapten pilot helikopter saat ini. Menurut dia, evakuasi terhadap empat orang tersebut dilakukan melalui udara.

VIVA Militer: TNI AU kirim Pasukan Kopasgat untuk bantu evakuasi Kapolda Jambi

Photo :
  • Dispenau

“Untuk Kapolda dan Capten Pilot, saya cek dulu. Lagi ditanyakan dulu,” ujarnya.

Diketahui, Kepala Bidang Humas Polda Jambi, Kombes Mulia Prianto memastikan rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, dan rombongan dalam keadaan selamat usai helikopter yang ditumpanginya melakukan pendaratan darurat.

Helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi dikabarkan mendarat darurat di sebuah Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci, Jambi pada Minggu, 19 Februari 2023.

Informasi yang diperoleh, Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono bersama rombongan hendak menuju ke Kabupaten Kerinci. Mereka dijadwalkan melakukan kunjungan ke Kerinci untuk meresmikan Gedung baru SPKT Polres Kerinci pada Minggu.

Adapun, personel polisi lain yang menjadi korban dalam kejadian itu adalah Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jambi, Kombes Andri Ananta Yudhistira; Direktur Polair Polda Jambi, Kombes Michael Mumbunan; Koorspripim Kompol Ayani, ADC Briptu Muhardi Aditya.

Kemudian, ada tiga awak helikopter yaitu pilot AKP Ali Nurdin S Harahap, kopilot AKP Amos Freddy P Sitompul, serta mekanik bernama Aipda Susilo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya