Polri: Kapolda Jambi yang Minta Anggotanya Dievakuasi Duluan

Rombongan helikopter Kapolda Jambi berhasil dievakuasi ke Posko Merangin
Sumber :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution

VIVA Nasional – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, menjelaskan kalau Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, memang meminta kepada tim evakuasi untuk mendahulukan anggotanya yang ikut terluka, untuk dievakuasi.

Pembunuh Wanita Hamil Ditangkap, Kabur ke Lampung

“Perlu saya sampaikan, bahwa Kapolda Jambi mengutamakan anak buahnya dulu atau anggota yang dievakuasi,” kata Brigjen Ramadhan, di Mabes Polri, Jakarta pada Selasa, 21 Februari 2023.

Jelas dia, tim dokter memberikan assesment terhadap permintaan Kapolda Jambi, untuk melakukan evakuasi kepada anggotanya terlebih dulu. Sebab, kata dia, Kapolda Jambi memahami akan mendapat penanganan khusus.

Panji Gumilang Gugat Status Tersangka TPPU, Ini Kata Polri

“Yang lebih memungkinkan jadi beliau yang lebih memungkinkan dan lebih cepat, 4 anggotanya terlebih dahulu. Jadi jangan sampai menghambat, sehingga beliau mengutamakan anak buahnya dulu,” ujarnya.

Saat ini, Kapolda Jambi bersama anggotanya sudah berhasil dievakuasi semua oleh Tim SAR melalui jalur udara.

Anjing Pelacak Juga Dikerahkan Amankan Sidang Putusan Pilpres di MK, Polri Ungkap Alasannya

Sebelumnya diberitakan, Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan 4 orang penumpang helikopter Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono sudah berhasil dievakuasi dari Bukit Tamiai, Kabupaten Kerinci pada Selasa, 21 Februari 2023.

Adapun 4 orang yang berhasil dievakuasi adalah Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jambi, Kombes Andri Ananta Yudhistira; Direktur Polair Polda Jambi, Kombes Michael Mumbunan, ADC Briptu Muhardi Aditya; co pilot AKP Amos Freddy P Sitompul.

“ADC, Dirkrimum, Dirpolair dan copilot,” kata Dedi saat dikonfirmasi wartawan pada Selasa, 21 Februari 2023.

Diketahui, Kepala Bidang Humas Polda Jambi, Kombes Mulia Prianto memastikan rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, dan rombongan dalam keadaan selamat usai helikopter yang ditumpanginya melakukan pendaratan darurat.

Helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi mendarat darurat di sebuah Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci, Jambi pada Minggu, 19 Februari 2023.

Informasi yang diperoleh, Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono bersama rombongan hendak menuju ke Kabupaten Kerinci. Mereka dijadwalkan melakukan kunjungan ke Kerinci untuk meresmikan Gedung baru SPKT Polres Kerinci pada Minggu.

Adapun, personel polisi lain yang menjadi korban dalam kejadian itu adalah Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jambi, Kombes Andri Ananta Yudhistira; Direktur Polair Polda Jambi, Kombes Michael Mumbunan; Koorspripim Kompol Ayani, ADC Briptu Muhardi Aditya.

Kemudian, ada tiga awak helikopter yaitu pilot AKP Ali Nurdin S Harahap, kopilot AKP Amos Freddy P Sitompul, serta mekanik bernama Aipda Susilo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya