Kisah Tim SAR dengan Kapolda Jambi saat Malam Hari di Hutan Tamiai

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan rombongan mendarat darurat di hutan
Sumber :
  • tvOne

VIVA Nasional - Tim SAR gabungan memiliki kisah dengan Kapolda Jambi Rusdi Hartono dan rombongan saat malam hari di Hutan Tamiai, Kerinci, Jambi.  Mulai kisah malam yang dingin hingga kawasan hutan yang dilalui harimau.

Helikopter Militer Kenya Jatuh, Jenderal Ogolla Menjadi Korban

Hal itu dituturkan oleh anggota Tim SAR Gabungan dari anggota Brimob Ipda Rahman yang pertama kali menemukan rombongan Kapolda Jambi. Ia mengatakan suhu dingin saat malam hari di dalam hutan diperkirakan 10 derajat celcius. 

Anggota Tim SAR Gabungan dari anggota Brimob Ipda Rahman

Photo :
  • Syarifuddin Nasution (Jambi)
Deretan Kisah Mistis yang Terjadi dalam Perang Dunia

"Saat situasi malam hari di tempat kejadian gelap gulita dan suhu dingin kurang lebih 10 derajat dan kita juga usahakan membuat api pemanas di tempat kejadian," ujarnya, Rabu (22/2).

Tidak sampai di situ, lokasi kejadian helikopter mendarat darurat adalah daerah TNKS yang merupakan tempat lalu lintas hewan satwa, namun Rahman dari Brimob, dua anggota Dokkes, dan dua Basarnas langsung dengan cepat mengevakuasi rombongan Kapolda Jambi. 

5 Negara dengan Angkatan Udara Terkuat di Dunia Tahun 2024, Indonesia Gak Termasuk?

"Alhamdulillah, setelah kami dapatkan para korban yakni rombongan Kapolda Jambi kami langsung evakuasi cepat dan pada saat malam hari kami menggunakan formasi pengamanan yaitu setiap jalur masuk jalan setapak kami ada di sana," jelasnya.

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan rombongan mendarat darurat di hutan

Photo :
  • tvOne

ahman mengakui keberadaan tanda- tanda satwa di lokasi kejadian. Saat kehabisan logistik ada tim darat yang sampai langsung mengambil air kurang lebih dua kilometer mengambil air, namun saat baliknya ada nampak jejak Harimau. 

"Saat mau ambil air tidak ada jejak, namun saat balik ada jejak Harimau. Karena ramai Tim dengan cepat mengantarkan air ke lokasi kejadian,"terangnya.

Rahman juga menceritakan, Tim SAR Gabungan bersamanya pertama kali menemukan rombongan Kapolda Jambi dan sontak terkejut juga melihat helikoper terbalik dan hancur. 

"Sebelum menemukan Helikopter, awalnya Tim SAR gabungan bersama saya turun dari helikopter dan saat mencari titik lokasi kejadian ternyata dekat sekali saat Tim turun dari helikopter dan alhamdulillah juga saya melihat rombongan Kapolda Jambi selamat semua," katanya.

Rombongan helikopter Kapolda Jambi berhasil dievakuasi ke Posko Merangin

Photo :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution

Diketahui, Helikopter Jenis Super Bell 3001 yang ditumpangi oleh Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono, Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Pol. Andri Ananta Yudistira, Dirpolairud Polda Jambi Kombes Pol. Michael Mumbunan, Koorspri Kompol Ayani dan ADC Polda Jambi mendarat darurat di hutan bukit Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Jambi., Minggu siang, 19 Februari 2023, sekitar pukul 11.02 WIB.

Kini Rombongan Kapolda Jambi dalam perawatan di rumah sakit di Jambi, sementara Kapolda Jambi Rusdi Hartono dan ajudan dirawat di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya