Buka Seleksi CAT Calon Petugas Haji 2023, Dirjen PHU Kemenag Ingatkan Ini

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief
Sumber :
  • MCH / Zaky Al Yamani

VIVA Nasional – Kementerian Agama menggelar ujian Computer Assisted Test (CAT) calon petugas Haji 2023 pada hari ini. Selain CAT, para peserta pun menjalani wawancara personal guna mematangkan hasil dari ujian CAT tersebut.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Arsyad Hidayat mengungkapkan, seleksi calon petugas Haji 2023 dilakukan guna memastikan para petugas Haji tahun ini menjalankan tugas dengan profesional sesuai dengan bidangnya masing-masing.

"CAT 2023 untuk memilih calon petugas Haji yang profesional, berkomitmen tinggi dan berintegritas. Ini juga untuk persiapakan petugas tangguh untuk melayani jemaah haji 24 jam," ungkapnya di Asrama Haji, Jakarta, Jumat, 24 Februari 2023.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Ketua PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) Arab Saudi, Arsyad Hidayat

Photo :
  • MCH/Zaky Al Yamani

Dia menjabarkan, calon petugas Haji yang lolos untuk mengikuti ujian CAT dan wawancara berjumlah sekitar 630 orang. mereka berasal dari berbagai bidang profesi, termasuk TNI dan Polri.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

"Terdiri (Peserta) dari ASN Kemenag. Insan media, TNI/Polri, unsur kementerian, ormas islam dan pondok pesantren," tambahnya.

Sementara itu, Dirjen PHU Hilman Latief menegaskan, seleksi petugas Haji ini dilakukan guna terus memperkuat ekosistem pelayanan bagi jemaah Haji Indonesia. Karena itu, butuh komitmen semua pihak guna mewujudkan hal itu.

"Ini sebuah perjuangan kita semua," ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengingatkan, penyelenggaraan haji tahun ini memiliki tantangan tersendiri. Khususnya masa transisi dari pandemi yang minim jemaah haji, yang kini kembali ke normal. Hal ini ditegaskan menjadi sorotan.

Seleksi Calon Petugas Haji 2023.

Photo :
  • Raden Jihad Akbar/VIVA.

"PR banyak tahun ini kita akan 221 orang jemaah haji 65 ribunya lansia. Kami akan memberikan pelayanan yang ramah lansia," tegasnya.

Setelah menjalani seleksi CAT dan wawancara personal hari ini, calon petugas haji yang lolos akan menjalani pelatihan dan pembekalan sebagai  petugas mulai 8 maret berangkat.

"Yang selesai itu akan diberangkatkan Mei, Kesiapan mental nanti ditugaskan di saudi arabia. Itu pengorbanan yang luar biasa," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya