Kerusuhan di Kota Wamena Berangsur Pulih dan Kondusif 

Polisi mengamankan kerusuhan di Wamena, Jayawijaya, Papua Pegunungan
Sumber :
  • Humas Polda Papua

VIVA – Situasi Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan, pasca pembakaran dan pengrusakan beberapa fasilitas umum yang dilakukan oleh masyarakat saat ini relatif aman dan kondusif.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

“Saat ini situasi di Kabupaten Jayawijaya berangsur pulih dan dapat dikendalikan,” ucap Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, Jumat, 24 Februari 2023.

Kabid Humas mengatakan bahwa saat kejadian Aparat gabungan TNI/Polri melakukan negoisasi agar isu penculikan dapat diselesaikan dengan baik, tetapi Kapolres bersama anggota yang berada di lokasi diserang menggunakan batu dan panah, sehingga anggota mengeluarkan tembakan peringatan dengan harapan massa tidak melakukan aksi penyerangan terhadap anggota.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Massa membakar ruko di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan.

Photo :
  • ANTARA

“Massa yang semakin anarkis tersebut tidak mau mendengar himbauan aparat dan tidak mau membubarkan diri saat diberi tembakan peringatan bahkan menyerang aparat dengan panah,” ungkap Kabid Humas.

Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

Lanjut Kabid Humas Papua, akibat kerusuhan tersebut terdapat korban meninggal dunia sebanyak 10 orang, 2 orang di antaranya diduga mengalami penganiayaan berat diakibatkan oleh anak panah dan senjata tajam.

Sementara untuk korban luka-luka sebanyak 23 orang, 9 di antaranya sudah kembali ke rumah masing-masing dan untuk korban luka-luka dari aparat ada 18 orang antara lain 16 orang terkena lemparan batu dan dua orang terkena panah, satu perwira Polisi dan satu dari TNI.

“Hingga saat ini Aparat keamanan masih siaga mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan membahayakan masyarakat di Wamena dan Forkompimda saat ini sedang melakukan pertemuan untuk membahas penanganan akibat kejadian tersebut,” tutur Kombes Benny.

Polisi mengamankan kerusuhan di Wamena, Jayawijaya, Papua Pegunungan

Photo :
  • Humas Polda Papua

Benny juga menghimbau agar semua pihak menahan diri dan mematuhi aturan hukum yang berlaku.

“Polres Jayawijaya akan menindak tegas siapa saja yang bertanggung jawab terjadinya kerusuhan yang mengakibatkan jatuhnya korban,” pungkas Kombes Benny.

Selain itu, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, di Timika menjelaskan bahwa ke depannya akan mengambil langkah-langkah cepat untuk menangani kejadian tersebut.

“Saya juga sudah berpesan kepada anggota untuk lebih soft dalam menghadapi masyarakat yang mungkin lagi marah,” ucap Kapolda Papua. 

“Ke depan hal ini akan menjadi perhatian serius bagi kami yang ada di Papua. Karena tidak boleh ada lagi yang memanfaatkan kejadian atau isu-isu yang tidak berdasar untuk melakukan kejahatan lain,” tutup Irjen Fakhiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya