Komjen Petrus Semringah Anak Buah Terjang Samudera Cegat Sabu Ratusan Miliar

Kepala BNN Komjen Pol Petrus Golose bersama pejabat Bea Cukai
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA Nasional – Tim gabungan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Bea Cukai berhasil menggagalkan peredaran 309 pake sabu jaringan sindikat narkoba internasional asal Iran.

Mertua yang Dianiaya Menantu di Cengkareng Ngadu ke Kapolri, Tanya Kenapa Tersangka Belum Ditahan

Uniknya, pengungkapan sabu tersebut berlangsung dramatis dan sangat menantang. Aparat sampai bertaruh nyawa mengarungi ganasnya lautan Samudera Hindia dekat Christmas Island, yang masuk dalam  Zona Ekonom Eksklusif (ZEE).

Perjuangan aparat BNN-Bea Cukai menggagalkan penyelundupan sabu di laut selatan Jawa ini sangat berisiko. Pasalnya, aparat harus melakukan pengintaian selama beberapa hari dan bertahan di tengah ganasnya laut Samudera Hindia.

Top Trending: Pertamina Bebastugaskan Arie Febriant Hingga Pria Tampar Wanita Gegara Disebut Alien

Untuk menggagalkan penyelundupan 309 bungkus sabu, mereka harus bertahan di tengah lautan dengan ketinggian gelombang mencapai 8 meter. Kemampuan fisik aparat yang melakukan pengintaian dan penangkapan juga harus teruji, karena berhari-hari Meraka harus bertahan di tengah laut yang ganas.

"Intersep kapal ini tidak mudah, ombak bisa tinggi, karena ini di Samudera Hindia, sudah jauh di selatan Pulau Jawa, dan diantara Pulau Jawa dengan Christmas Island," kata Direktur Interdiksi Narkotika Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Syarif Hidayat di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, Jumat, 24 Februari 2023. 

Sinergi Bea Cukai dan Bareskrim Polri Kembali Bongkar Pabrik Ekstasi di Sunter

Pengungkapan sabu ratusan miliar jaringan internasional Iran di Samudera Hindia

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama

Menurut Syarif, sebanyak 8 orang warga negara Iran ditangkap karena kedapatan membawa dan menyelundupkan 309 paket. Mereka berencana menyelundupkan 309 paket sabu lewat jalur laut di selatan Jawa dengan menggunakan kapal nelayan. 

"Bisa di bayangkan itu posisi yang sangat sulit dan ini merupakan tangkapan pertama kami, narkotika yang berasal dari kelompok Iran yang masuk melalui Selatan Jawa," ungkapnya

Sementara itu, Kepala BNN Komjen Pol Petrus Reinhard Golose mengapresiasi kerjasama BNN dan Bea Cukai dalam sehingga dapat mengungkap upaya penyelundupan 309 paket sabuyang dibawa oleh delapan WN Iran. Petrus menyebut mereka adalah kurir narkoba jaringan internasional.

"Jaringan seperti ini beroperasi di dunia, bahkan pernah beberapa kali juga ditangkap di tempat yang lain, oleh negara-negara yang lain, dan ini suatu jaringan internasional," ujar Komjen Petrus Golose

Sejauh ini, BNN dan Bea Cukai belum bisa memastikan total berat sabu yang diamankan, karena setiap bungkusnya memiliki berat berbeda-beda. Sedangkan untuk nilai dari sabu yang diselundupkan diperkirakan mencapai ratusan miliar.

"Kira-kira kalau beredar barang ini, bisa lebih dari pada 300 ribu lebih orang yang akan menggunakan kalau sampai beredar. Kalau masalah uang, kalau ini beredar, sekitar ratusan miliar," ujarnya


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya