Peringatan BMKG, Solo Raya dan Wilayah Pesisir Selatan Jateng Akan Diguyur Hujan Lebat

Mendung gelap di langit Ungaran Jawa Tengah.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA Nasional – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang merilis prospek cuaca di Jawa Tengah, Sabtu, 25 Februari 2023 dari jam 07.00 hingga 19.00 WIB. 

Prakiraan BMKG: Jakarta Diguyur Hujan pada Siang hingga Malam Hari

Sejumlah wilayah di Jawa Tengah diprakirakan diguyur hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir, yaitu di wilayah pesisir selatan, wilayah Kedu, Banyumas, dan Solo Raya.

Wilayah pesisir selatan yang berpeluang hujan lebat adalah Kebumen, Cilacap, dan Purworejo. Sedangkan wilayah Kedu yang diprediksi hujan deras adalah Magelang, Temanggung, Mungkid, dan Wonosobo.

Perum Perhutani Berangkatkan Ratusan Pemudik di Progam Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Untuk wilayah Banyumas seperti Majenang, Purbalingga, Purwokerto, dan Banjarnegara, juga akan diguyur hujan lebat.

Pengendara menembus hujan di Semarang, Jateng.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno
436 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta Lewat GT Cikampek Utama Sampai H-3 Lebaran

Sedangkan di Solo Raya yang berpotensi hujan deras yaitu Kota Surakarta, Karanganyar, Sragen, Sukoharjo, Klaten, Boyolali, Wonogiri, dan Sukoharjo.

Daerah lain yang juga diprediksi hujan deras adalah Ungaran, Salatiga, Ambarawa, Bumiayu, Slawi, Kajen, dan Pemalang.

Selain itu ada perubahan cuaca di pantura dan Jateng bagian timur, yang mana kemarin diguyur hujan lebat, hari ini cenderung mereda dengan guyuran hujan ringan. Wilayah tersebut yaitu di Pekalongan, Batang, Kendal, Pati, Rembang, Jepara, Kudus, Demak, Purwodadi, dan Blora.

Data BMKG mencatat, kecepatan angin rata-rata di Jawa Tengah umumnya masih sama dengan Jumat, 24 Februari 2023, yaitu berkisar 10 - 30 km/jam yang bertiup dari arah barat daya - utara. Suhu udara berkisar 23 - 32 derajat celsius, dan kelembaban udara 65 - 95 persen.

"Masyarakat diminta waspada dan mengikuti perkembangan cuaca melalui informasi yang diberikan BMKG yang terus meng-update jika terjadi perubahan cuaca," demikian diinformasikan Forecaster on Duty BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Gempita Icky Dzikrillah, Sabtu, 25 Februari 2023.

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya