Brigjen Sandi Nugroho, Adhi Makayasa Akpol 95 Kini Jadi Kepala Jubir Polri

Sandi Nugroho.
Sumber :
  • Nur Faishal

VIVA Nasional – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menunjuk Brigjen Sandi Nugroho menjadi Kepala Divisi Humas Polri menggantikan Irjen Dedi Prasetyo. Penunjukan itu tertuang dalam dalam surat telegram Nomor:ST/498/II/KEP./2023 per tanggal 26 Februari 2023 yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri.

Nurul Ghufron Sempat Ngadu ke Alex Sebelum Bantu ASN Kementan Mutasi ke Jatim

Dalam surat telegram tersebut, Brigjen Sandi Nugroho sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Pengkajian dan Strategi (Karojianstra) Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri. Sementara Irjen Dedi dipromosikan dalam jabatan baru yaitu sebagai As SDM Kapolri. 

Kadiv Propam Polri Apresiasi Rakornis POM TNI-Propam Polri

Berikut profil Brigjen Sandi Nugroho: 

Jenderal bintang satu ini merupakan pria kelahiran Salatiga tahun 1973. Dia merupakan lulusan terbaik atau peraih adhi makayasa Akademi Polisi (Akpol) pada tahun 1995. Sandi juga menyelesaikan sejumlah pendidikan Polri antara lain Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) 2002, Sespim Pol (2009), dan Sespimti (2018).

Nurul Ghufron Jelaskan Perkara yang Bikin Dia Disidang Masalah Etik Dewas KPK

Sandi Nugroho mengawali karirnya di kepolisian saat dia menjabat sebagai Kanit Resintel Polsek Kebayoran Baru Polres Jakarta Selatan pada tahun 1997. Dua tahun berikutnya yaitu pada 1999, Sandi Nugroho dipercaya menjadi Kanit Jahtanras Polres Metro Jakarta Selatan. 

Pada tahun 2002, Sandi Nugroho bertugas menjadi Kapolsek Medan Labuhan Poltabes Medan. Setahun setelahnya, dia dimutasi menjadi Kapolsek Medan Baru Poltabes Medan.

Kepala Kepolisian Resor Kota Besar polrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho memaparkan kasus penipuan berkedok perumahan syariah dalam konferensi pers di kantornya, Senin, 6 Januari 2020.

Photo :
  • VIVAnews/Nur Faishal

Sandi Nugroho juga pernah tiga kali menjadi anggota reserse. Pertama, pada tahun 2004, dia dipindah tugaskan menjadi Kanit II Sat II Ditreskrim Polda Sumut. Setelah itu dia menjadi Kasat Reskrim Polres Asahan dan Kasat Reskrim Polresta Medan.

Kemudian dia menjadi Wakapolres KPPP Belawan pada tahun 2007, lalu dia menjadi perwira menengah Polda Metro Jaya dua tahun setelahnya pada 2009.

Sandi Nugroho juga menjadi Ka Siaga C Pusdalops Ro Ops Polda Metro Jaya pada tahun 2009 dan menjadi Kasat I/Indag Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya pada tahun 2011.

Sandi Nugroho juga sempat menjadi Kapolres Bandung Polda Jabar pada tahun 2011, setahun setelahnya dia menjadi Koorspri Wakapolri.

Dia juga pernah menjadi Wadirreskrimsus Polda Metro Jaya pada 2013 dan Kasubdit I Dittipidter Bareskrim Polri pada tahun 2015. Setahun setelahnya, Sandi dipindah tugaskan sebagai Kasubdit I Dittipideksus Bareskrim Polri.

Di tahun yang sama, yaitu 2016, Sandi menjabat sebagai Kapolrestabes Medan. Pada tahun 2017, dia dimutasi sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Polri. 

Dua tahun setelahnya, Sandi menjabat sebagai Kapolrestabes Surabaya dan menjadi Penyidik Tindak Pidana Utama Tk. II Bareskrim Polri pada tahun 2020. Pada tahun yang sama pula dia dipercaya menjadi Karojianstra SSDM Polri. Terbaru, Sandi menjadi Kadiv Humas Polri pada tahun 2023 menggantikan Irjen Dedi Prasetyo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya