Sejoli Mahasiswa Kedokteran Unand Ketahuan Berperilaku Menyimpang Terancam Dinonaktifkan

Ilustrasi pelecehan seksual
Sumber :
  • Poverty Action Lab

VIVA Nasional – HJ dan NZ, sejoli Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand), Kota Padang, Sumatra Barat yang memiliki perilaku menyimpang dengan cara mengambil gambar bagian tubuh korbannya saat tertidur, terancam dinonaktifkan.

10 Tips Mencegah Aksi Kekerasan Antar Siswa di Sekolah

Jumlah korban yang terdata oleh tim satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Universitas Andalas hingga kini berjumlah 12 orang. Terduga pelaku, korban maupun saksi-saksi sudah diperiksa. Bahkan, keduanya sudah mengakui perbuatan tersebut.

"Satgas PPKS sedang merumuskan rekomendasi terhadap kasus ini. Satgas PPKS juga telah mengajukan surat penonaktifan kedua terlapor ke pimpinan Universitas," kata Ketua Satgas PPKS Universitas Andalas Rika Susanti melalui keterangan resmi yang dikutip, Senin, 27 Februari 2023.

Termasuk Mayor Teddy, Nikita Mirzani Bongkar Perilaku Ajudan-ajudan Prabowo Subianto

ilustrasi pelecehan seksual pria

Photo :
  • HealthTimes

Rika menjelaskan, ke-12 korban, 4 saksi dan 2 terlapor atau terduga pelaku sebelumnya sudah menjalani pemeriksaan. Bahkan, kedua pelaku sudah mengakui perbuatannya dan kini, sedang menjalani pemeriksaan psikologis terhadap keduanya.

Amnesty International Sebut Pelanggaran HAM di RI Semakin Buruk, Aparat Paling Banyak Terlibat

Universitas Andalas Padang tidak membenarkan segala bentuk perbuatan pelecehan, pelanggaran, hukum, norma, etika, dan moral harus dihilangkan dari kehidupan dunia kampus.

Kampus, menurut Rika, harus ikut bertanggung jawab dalam melakukan pembinaan serta membangun akhlak dan karakter anak bangsa. Sehingga, apabila terjadi tindakan tercela yang dilakukan oleh warga kampus, maka sesuai dengan kewenangan yang dimiliki, kampus akan bertindak dengan serius dan objektif. Termasuk juga persoalan atau kejadian dugaan kekerasan seksual yang terjadi pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Unand.

Terkait dengan mekanisme proses penanganan perkara ini, Rika menegaskan otoritas kampus sudah bekerja berdasarkan ketentuan yang tercantum dalam Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi.

Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand)

Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

Peraturan Sekjen Permendikbudristek Nomor 17 Tahun 2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2021 Tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi.

Kasus dugaan perilaku menyimpang kedua terduga pelaku ramai menghiasi laman di media sosial sejak Jumat pekan lalu. Akun twitter @andalasfess yang mengunggah kedua foto terduga pelaku. Dalam postingan itu, juga dilengkapi narasi "Bantu UP kasus pelecehan di FK predatornya masih bebas".

Modusnya, kedua terduga pelaku menginap di tempat kos temannya, kemudian engambil foto atau video para korban yang sedang tertidur. Menurut pengakuan NZ, foto yang berhasil didokumentasikan dikirim ke cowoknya, pun sebaliknya foto teman pria cowoknya juga dikirim kepada dirinya.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumatra Barat Kombes Pol Andry Kurniawan sebelumnya bilang, kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oleh kedua terduga pelaku tersebut sudah masuk tahap penyidikan. Bahkan, penyidik sedang melengkapi alat bukti penyidikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya