KPK Ungkap Ada Pegawai Negeri yang Hartanya Mencurigakan

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA Nasional – Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, memastikan pihaknya akan terus memonitor harta kekayaan aparatur sipil negara (ASN), pasca munculnya ketidakwajaran harta kekayaan pegawai pajak Rafael Alun Trisambodo.

Mengintip Isi Garasi Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih Prabowo-Gibran

Menurut Alex, sebenarnya banyak pejabat ASN yang laporan harta kekayaannya (LHKPN) tidak sesuai dengan kenyataannya.

"Ini kebetulan ada satu peristiwa, sebetulnya banyak pejabat kita yang melaporkan harta kekayaannya kalau kita lihat profilnya nggak match. Kalau kita lihat pekerjaan yang bersangkutan sebagai ASN nggak cocok," kata Alex di Auditorium Randi Yusuf lantai 1, Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi, Jakarta Selatan, Selasa, 28 Februari 2023.

Baliho Dukungan Sekda Jadi Bupati Tangerang Bertebaran, Begini Aturan ASN-nya

Alexander juga mengaku, mendapatkan forward tentang pejabat-pejabat ASN yang kaya raya. Bahkan, ungkap dia, pejabat yang punya jabatan rendah tetapi harta kekayaannya melimpah.

"Jadi tidak hanya yang tinggi saja yang akan kami klarifikasi, termasuk yang kami duga yang melaporkan rendah, belum (tentu) benar juga. Kalau kami lihat posisinya sangat strategis tetapi laporannya sangat rendah, nilai cash-nya di bawah Rp 100 juta," jelas Alex.

Cari Honda Brio Bekas? Ini Daftar Harga dan Pajak Tahunannya

Alex kemudian meminta partisipasi publik, untuk menguak harta-harta ASN yang diduga mencurigakan atau tidak sesuai dengan pekerjaannya. Sebab, patut diduga mereka memperoleh kekayaannya dengan cara melawan hukum termasuk korupsi.

Diketahui, KPK mengundang pegawai pajak Rafael Alun Trisambodo dalam rangka klarifikasi atas harta kekayaannya, Rabu, 1 Maret 2023. KPK menegaskan, ayah dari Mario Dandy Satriyo itu wajib memenuhi undangan klarifikasi atas harta kekayaannya.

Dalam laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) pada 17 Februari 2022 untuk periodik 2021, Rafael Alun mengeklaim memiliki total kekayaan sekitar Rp 56 miliar. Hanya saja, terdapat ketidakwajaran seperti mobil Rubicon yang tidak tercantum dalam LHKPN Rafael.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya