Jokowi Sebut Belum Ada Surat Pengunduran Diri Menpora Zainudin Amali

Presiden Jokowi usai saksikan pertandingan Timnas Indonesia vs Vietnam di SUGBK
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali berbicara mengenai status Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali yang sebelumnya sudah meminta izin untuk fokus mengurus organisasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI. Menurut Jokowi, sampai saat ini Zainudin Amali belum mengirimkan surat pengunduran dirinya.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Jokowi mengatakan, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno belum menerima surat pengunduran diri Zainudin Amali. Sehingga saat ini Zainudin amali masih menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga.

"Belum, belum. Sampai saat ini belum ada surat ke Pak Menteri Sekretaris Negara dari Pak Menpora, belom ada," kata Jokowi di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis, 2 Maret 2023.

Jokowi Adakan Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Waketum PSSI, Zainudin Amali

Photo :
  • PSSI

Ketika ditanya oleh awak media mengenai bagaimana penggantian Menpora nantinya dan kira-kira siapa sosok yang akan dipilih, Jokowi tak menanggapinya. Jokowi hanya mengatakan bahwa harus ada surat resmi pengunduran diri dari Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali untuk menentukan langkah selanjutnya.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

"Surat nya belom ada kok diganti," ujar Jokowi.

Sebelumnya diberitakan,  Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanggapan memgenai kabar mundurnya Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menpora Zainudin Amali. Jokowi mengatakan, Dia telah mendengar keinginan Zainudin Amali untuk mundur dan fokus menjadi pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI. 

Namun keinginan Zainudin Amali untuk mundur tersebut baru dia dengar sebatas pembicaraan informal saja. Sampai saat ini, menurut Jokowi dirinya belum menerima surat pengunduran diri dari Zainudin Amali.

"Saya belom. Tertulis belom. tapi informal sudah," kata Presiden Jokowi,  usai meninjau proyek normalisasi Kali Ciliwung, di Jakarta Selatan pada hari Selasa, 21 Februari 2023.

Erick Thohir, Ketua Umum PSSI dan Wakil Ketum PSSI Zainuddin Amali

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pada saat awak media menanyakan mengenai siapa sosok pengganti Zainudin Amali, Jokowi enggan menjawabnya. Menurut Jokowi Dia baru akan memikirkan siapa yang akan menjadi pengganti Zainudin Amali apabila sudah menerima surat resmi pernyataan mengundurkan dori sebagai Menpora dari Zainudin Amali.

"Gantinya nanti kalo sudah ada resminya baru saya bicara," kata Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya