Waspada! Gelombang Tinggi 2,5 Meter Terjang Pesisir Pantai Kalimantan Tengah

Ilustrasi Gelombang Tinggi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra

VIVA Nasional – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tjilik Riwut Palangka Raya mengimbau nelayan dan masyarakat di sepanjang pesisir pantai wilayah selatan Kalimantan Tengah, mewaspadai gelombang laut setinggi 2,5 meter.

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

“Prospek tinggi gelombang mingguan di wilayah Perairan Selatan Kalimantan Tengah berpotensi sekitar 0,5 hingga 2,5 meter. Kami minta masyarakat pesisir selalu waspada,” kata Prakirawan BMKG Tjilik Riwut Palangka Raya, Muhamad Ihsan Sidiq di Palangka Raya, dilansir dari ANTARA, Kamis, 2 Maret 2023.

Ilustrasi nelayan di tengah gelombang yang tinggi

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rahmad
Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Pihaknya meminta masyarakat di wilayah pesisir dan nelayan berhati-hati saat beraktivitas di laut. Selain itu, BMKG meminta warga pesisir juga waspada adanya pertumbuhan awan konvektif atau awan cumulonimbus (CB). 

Pertumbuhan awan ini dapat berpotensi menjadikan hujan intensitas sedang hingga lebat, dan menimbulkan angin kencang, serta menambah tinggi gelombang air laut.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Lebih lanjut, kata Ihsan, untuk angin dilihat dari potensinya selama sepekan ke depan, kecepatannya diperkirakan antara 10 kilometer/jam. Angin ini umumnya bertiup dari arah selatan menuju timur laut.

Sementara itu kondisi cuaca wilayah Kalteng, umumnya berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat. Kemudian suhu udara berkisar antara 22°C sampai 32°C. Kelembaban udara berkisar antara 65 hingga 100 persen.

Waspada genangan air

Ilustrasi genangan air

Photo :
  • VIVA.co.id/Ichsan Suhendra

Kondisi itu juga harus menjadikan masyarakat semakin waspada terhadap potensi adanya genangan air, banjir, banjir bandang, tanah longsor, dan pohon tumbang akibat terjadinya hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang.

Jika melihat fenomena tersebut, masyarakat diminta waspada dan segera mencari tempat teduh, namun tidak di bawah pohon. Saat terjadi hujan deras disertai angin kencang dan petir, masyarakat diminta untuk segera mencari tempat berlindung yang aman seperti di dalam rumah atau gedung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya