Busur Panah Hingga Atribut Bintang Kejora Tercecer di TKP Penembakan Anggota Kodim Yahukimo

Polisi olah TKP penembakan anggota Kodim Yahukimo
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan - HO Polda Papua

VIVA Nasional – Kepolisian Resor Yahukimo melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) terkait kasus penembakan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap Dandim Yahukimo dan tiga anggota Kodim 1715/Yahukimo, Kamis, 2 Maret 2023.

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo menyebutkan, olah TKP menjadi salah satu dari cara aparat untuk mengungkap pelaku dan mencari barang bukti.

"Olah TKP ini untuk mencari dan mengumpulkan keterangan, petunjuk, barang bukti, identitas tersangka, saksi, korban untuk kepentingan penyelidikan selanjutnya," kata Kabid Humas saat dihubungi melalui pesan elektronik.

Tentara Amerika Ditemukan Meninggal Dunia di Karawang, Ini Kata Mabes TNI

Kabid Humas mengatakan saat olah TKP ditemukan beberapa barang bukti, berupa bercak darah yang diduga darah dari KKB yang lari menuju hutan, sejumlah panah dan senjata tajam.  

Busur panah dan atribut Bintang Kejora saat olah TKP penembakan KKB di Yuhukimo

Photo :
  • VIVA/Aman Hasibuan - HO Polda Papua
Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Kemudian sejumlah selongsong peluru, 2 unit motor, satu buah baju loreng bintang kejora, dan sejumlah tas noken yang berlambang bintang kejora.

"Selama olah TKP situasi aman terkendali, Personel telah mengamankan sejumlah barang bukti yang selanjutnya dibawa ke Mapolres Yahukimo guna kepentingan penyelidikan,” ujar Kombes Benny.

Sementara itu Kapolres Yahukimo AKBP Arief Kristanto menyebut saat ini situasi keamanan di Distrik Dekai relatif kondusif pasca aksi penembakan  yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kepada 4 anggota TNI, pada Rabu kemarin.

Akibat kejadian tersebut, satu orang prajurit TNI dari Kodim 1715/Yahukimo Pratu LW gugur. Kemudian dua anggota Kodim 1715/Yahukimo lainnya, yakni Pratu NS dan Sertu RS mengalami luka tembak. 

"Situasi terkini masih aman kondusif, kita imbangi giat patroli," ujar AKBP Arief.

Sebelumnya diberitakan, tiga anggota personel Kodim 1715/Yahukimo, ditembak oleh Kelompok Separatis Teroris (KST) Papua  di Kilo Meter 4 Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan, Rabu, 1 Maret 2023.

Dari tiga personel Kodim 1715/Yahukimo yang ditembak itu, satu orang diantaranya meninggal dunia dan dua orang mengalami luka tembakan.

"Benar kejadian tersebut, yaitu gerombolan KKB telah menyerang dan menembak Personel Kodim 1715/Yahukimo 1715/Yahukimo, bertempat di Km 4 Jl. Paradiso Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo," ujar Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman.
 
Kapendam mengatakan baku tembak terjadi hingga Rabu sore pukul 16.20 WIT, antara gerombolan KKB dengan aparat gabungan TNI-Polri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya