BPBD Konfirmasi Ada Korban dalam Kebakaran Depo Pertamina Plumpang tapi Belum Diidentifikasi

Tangkapan layar kebakaran pipa penerimaan BBM di Terminal Terintegrasi BBM Plumpang, Jakarta Utara, Jumat malam, 3 Maret 2023.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Nasional – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengerahkan personel ke Depo Pertamina di kawasan Plumpang, Jakarta Utara, yang terbakar pada Jumat malam, 3 Maret 2023. BPDB fokus untuk membantu mengevakuasi korban luka.

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

"BPBD menurunkan personel ke lokasi kebakaran dan terkait pemadaman dan evaluasi kebakaran itu dari petugas Dinas Gulkarmat (Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan). BPDB membantu korban luka yang sudah dievakuasi oleh petugas dinas Gulkarmat," kata Pelaksana Harian Kepala BPBD DKI Jakarta M Ridwan saat dihubungi wartawan.

Ridwan belum dapat memastikan berapa total korban luka maupun korban jiwa akibat kebakaran ini. Sebab, kini seluruh pihak masih fokus memadamkan api.

Pakar Sebut Fakta Mengejutkan soal BBM Pertalite

Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, terbakar pada Jumat malam, 3 Maret 2023.

Photo :
  • ANTARA

Depo Pertamina di kawasan Plumpang, Koja, Jakarta Utara, kebakaran hebat pada Jumat malam, yang penyebabnya masih terus diselidiki. "Informasi yang diterima, dugaan awal [akibat] tersambar petir," kata Kepala Seksi Operasi Pemadam Kebakaran Jakarta Utara Abdul Wahid saat dikonfirmasi wartawan pada Jumat malam.

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Ada sejumlah korban akibat kebakaran tersebut, katanya. Namun, ia belum dapat memastikan berapa total korban jiwa maupun luka dari kebakaran Depo Pertamina itu.

Warga yang tinggal di dekat kompleks Depo Pertamina mencium aroma bensin yang menyengat sebelum terjadi kebakaran di Pipa Bensin Depo Pertamina Plumpang, Jumat malam. "Ada bau bensin yang santer sebelum kejadian saat gue melintas," kata Pandi Ahmad, warga Koja.

Berdasarkan informasi command center Damkar, sebuah pipa bensin Pertamina mengalami kebakaran hebat. Akibatnya, api dan asap besar terlihat membumbung tinggi hingga membuat langit di sekitarnya menjadi gelap karena tertutup asap hitam.

Pemadam kebakaran (Foto ilustrasi)

Photo :
  • Ridwan Putra/VIVA.co.id

"Penanganan terakhir Sudin Gulkarmat Jakarta Utara mengerahkan 18 unit pemadam dengan 90 personil," demikian pernyataan Command Center Damkar pada malam ini.

Petugas masih berjibaku melakukan pemadaman terkait kebakaran ini. Kebakaran itu terjadi di Pipa bensin Pertamina yang berlokasi di Jalan Tanah Merah Bawah RT012/09 Koja, Jakarta Utara. Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut.

Suku Dinas Kebakaran Jakarta Utara mengerahkan 18 unit mobil dan 90 personel untuk memadamkan kebakaran di Depo Pertamina Plumpang. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya