Pertamina Masih Investigasi Penyebab Kebakaran Depo Plumpang

Tangkapan layar kebakaran pipa penerimaan BBM di Terminal Terintegrasi BBM Plumpang, Jakarta Utara, Jumat malam, 3 Maret 2023.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Nasional – PT Pertamina (Persero) menyatakan masih melakukan proses investigasi untuk mengetahui penyebab kebakaran di Depo Plumpang di Jakarta Utara.

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, 3 Orang Jadi Korban

Manajer Komunikasi dan CSR Pertamina Patra wilayah Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan, mengatakan saat ini masih memfokuskan pada upaya evakuasi pekerja dan warga yang bermukim di sekitar lokasi kebakaran.

"Kami terus berupaya maksimal menanggulangi kejadian ini. Penyebab kejadian masih dalam proses investigasi," ujarnya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat, 3 Maret 2023.

Ogah Pakai Pelampung, Bocah 6 Tahun di Cikarang Tewas Tenggelam di Kolam Renang

Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, terbakar pada Jumat malam, 3 Maret 2023.

Photo :
  • ANTARA

Eko menuturkan fasilitas terminal terintegrasi itu mengalami kebakaran sekitar pukul 20.20 WIB.

RS Polri: Seluruh Jasad Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Sudah Teridentifikasi

Pusat komando pemadam kebakaran setempat melaporkan bahwa sebuah pipa bensin milik Pertamina mengalami kebakaran. Api dan asap besar terlihat membumbung tinggi hingga membuat langit di sekitarnya menjadi gelap karena tertutup asap hitam.

Sehari sebelum peristiwa kebakaran itu terjadi, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Dudung Abdurachman sempat mengunjungi fasilitas terminal terintegrasi milik Pertamina tersebut.

Dalam kunjungan itu, dia disambut oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution, Direktur Logistik & Infrastruktur Pertamina Erry Widiastono, dan Direktur Rekayasa & Infrastruktur Darat Pertamina Patra Niaga Eduward Adolof Kawi.

Tangkapan layar kebakaran pipa penerimaan BBM di Terminal Terintegrasi BBM Plumpang, Jakarta Utara, Jumat malam, 3 Maret 2023.

Photo :
  • ANTARA

Dalam publikasi Global Tank Storage, Integrated Terminal Jakarta dinilai sebagai terminal BBM terpenting di Indonesia karena menyuplai sekitar 20 persen kebutuhan BBM harian di Indonesia atau sekitar 25 persen dari total SPBU Pertamina.

Belasan korban

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja telah menerima beberapa korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Jalan Tanah Merah Bawah, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, Jumat malam.

Humas RSUD Koja Dewi Fitriani mengatakan, mereka mendata sebanyak 10 korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang yang dilarikan ke RSUD Koja pada malam ini.

"Saat ini terdata dari jaga utama 10 korban (dimutakhirkan menjadi 12 korban) yang sudah masuk IGD. Kami akan memberikan info selanjutnya," katanya saat dikonfirmasi.

Kendati demikian, RSUD Koja belum memberikan detail kondisi korban kebakaran tersebut, termasuk apakah ada korban meninggal dunia. RSUD Koja juga telah menunggu arahan Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk menyiagakan ambulans.

Proses pemadaman depo Pertamina di Plumpang masih berlangsung. Atas insiden tersebut Dinas Gulkarmat Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta menerjunkan 45 unit pemadam kebakaran dan 225 personel.

Dari insiden tersebut diketahui banyak warga yang dievakuasi menjauh dari lokasi kebakaran. Bahkan banyak di antaranya yang dilarikan ke rumah sakit terdekat karena mengalami luka bakar yang serius dan gangguan pernapasan. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya