Kementerian BUMN: Pertamina Tanggung Biaya Perawatan Korban Kebakaran Depo Plumpang

Kebakaran Pertamina Plumpang
Sumber :
  • AP Photo/Dita Alangkara

VIVA Nasional - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga, memastikan pihak Pertamina akan menanggung biaya perawatan korban insiden kebakaran depo di Plumpang, Koja, Jakarta Utara.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

"Ya, Pertamina akan menanggung biayanya," kata Arya kepada wartawan, Sabtu, 4 Maret 2023.

Dia menyampaikan, Kementerian BUMN juga telah meminta Pertamina, untuk fokus dalam penyelamatan masyarakat dan karyawan di lokasi sekitar terjadinya kebakaran.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

"Yang terutama saat ini adalah penanganan-penanganan yang penting dulu," ujarnya.

Diketahui, depo BBM milik Pertamina yang berada di kawasan Plumpang, Koja, Jakarta Utara, kebakaran pada Jumat, 3 Maret 2023, sekitar pukul 20.11 WIB malam.

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Baca Juga: Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, 8 Orang Masih Hilang

Terkait peristiwa kebakaran tersebut, Pertamina menyampaikan pihaknya fokus menangani pemadaman dan evakuasi warga di sekitar lokasi Depo Plumpang atau Integrated Terminal Plumpang Jakarta. 

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan penanganan kejadian tersebut bekerja sama dengan pihak terkait. Nicke pun meminta maaf atas peristiwa yang menelan belasan korban  jiwa. 

"Pertamina akan memberikan penanganan yang terbaik bagi masyarakat terdampak," kata Nicke dalam keterangan resmi, Sabtu, 4 Maret 2023. 

Kebakaran Pertamina Plumpang

Photo :
  • AP Photo /Achmad Ibrahim

Nicke mengatakan, pihaknya juga membentuk tim gabungan dengan PT Pertamina Patra Niaga, dan aparat penegak hukum untuk menginvestigasi penyebab terjadinya insiden malam ini.  

"Kami akan melakukan evaluasi dan merefleksi menyeluruh di internal demi menghindari kejadian serupa terulang," ujar Nicke.

Dari data sementara, dilaporkan jumlah korban tewas imbas kebakaran Depo Plumpang tercatat 13 orang. Lalu, sekitar 50 orang mengalami luka bakar.

Dan, sekitar 600 warga terpaksa mengungsi karena rumah mereka terbakar. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sudah menyiapkan sejumlah lokasi untuk dijadikan posko pengungsian.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya