Harimau Diduga Mangsa 3 Ekor Sapi, Warga Tapsel Resah Takut ke Ladang

Sapi ternak di Indonesia.
Sumber :
  • FAO/ Sadewa

VIVA Nasional - Tiga ekor sapi milik warga Desa Lantosan Rogas, Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, dilaporkan mati. Ada dugaan tiga ekor sapi ternak milik Kaya Nasution itu dimangsa Harimau Sumatera. 

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Sapi diketahui hilang pada Senin 27 Februari 2023. Tapi, bangkai hewan ternak itu, ditemukan berjarak 3 kilometer dari kandang. Kondisi bangkai hewan malang itu terdapat luka cabikan dari hewan buas yang diduga Harimau Sumatera. 

Pun, kondisi tanah juga ditemukan jejak kaki harimau tersebut. "Tiga ternaknya sudah raib,” kata Kapolres Tapanuli Selatan, AKBP Imam Zamroni, dikutip pada Sabtu 4 Maret 2023.

Jelang Putusan MK, Polisi Imbau warga Hindari Kawasan Monas hingga Merdeka Barat

Selanjutnya, pemilik hewan ternak itu, Kaya Nasution melaporkan ke Kepala Desa setempat. Kemudian, laporan itu diteruskan kepada pihak kepolisian setempat.

“Kejadian itu dilaporkan ke pemerintah desa. Jarak pemukiman dengan lokasi kejadian sekitar 3 kilometer,” jelas Imam.

Oknum Polisi di Kolaka Diduga Keroyok Warga, Korban Sempat Ditodong Pistol

Imam menjelaskan dengan kondisi hewan ternak ditemukan tewas dan ada jejak kaki harimau membuat warga takut pergi ke ladang.

“Sehingga, sebahagian masyarakat tidak berani lagi pergi ke kebun dan ke sawah,” jelas Imam. 

Lebih lanjut, Imam mengungkapkan pihaknya melakukan koordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat. Selanjutnya, pihaknya juga melakukan pengecekan pada Kamis 2 Maret 2023.

Jejak kaki harimau di lokasi hewan ternak.

Photo :
  • Istimewa

Kemudian, saat pengecekan ditemukan jejak kaki yang diduga bekas dua ekor Harimau Sumatera. Dua ekor itu diduga induk dan anak.

Terkait itu, Imam mengimbau warga setempat agar tak mengembalakan ternaknya secara lepas di perkebunan. 

"Jika harus beraktifitas di kebun, harus diupayakan dengan cara berkelompok dan sudah kenbali sebelum hari gelap," kata Imam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya