Warga Sekitar Depo Pertamina Plumpang Harap Ada Patroli untuk Antisipasi Pencurian

Kebakaran Pertamina Plumpang
Sumber :
  • AP Photo /Achmad Ibrahim

VIVA Nasional – Warga di sekitar Depo Plumpang, Koja, Jakarta Utara, berharap adanya patroli keamanan demi mengantisipasi pencurian yang kemungkinan terjadi setelah kebakaran fasilitas milik Pertamina dan berdampak ke permukiman sekitarnya pada Jumat malam, 3 Maret 2023.

Lebih dari 400 Penjahat di Jadetabek Ditangkap dalam 15 Hari

Patroli diperlukan terutama, kata Heru Bangun, salah satu warga di lokasi, sampai dengan Sabtu, aliran listrik di sebagian kawasan permukiman sekitar Depo Plumpang belum pulih.

"Aliran listrik sebagian mati, jadi ketika malam kita tidak bisa melihat orang yang datang siapa saja. Jadi kami mohon dari Kepolisian dan pihak terkait untuk mengadakan patroli," kata dia di lokasi.

Bekas Hunian Lapas Kelas IIA Kerobokan Bali Ludes Terbakar

Sejumlah petugas berusaha memadamkan api yang membakar rumah warga imbas kebakaran Depo Pertamina Plumpang, kawasan Jalan Koramil, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, Jumat malam, 3 Maret 2023.

Photo :
  • ANTARA/M Risyal Hidayat

Heru juga mengatakan, sejak jam 12 malam warga berinisiatif melakukan pemeriksaan kepada siapapun yang berniat memasuki daerah tersebut untuk mengidentifikasi warga setempat atau bukan.

Rumah Kebakaran di Simalungun, Dua Balita Tewas

"Kami juga menginformasikan pada jam 12 malam kami akan pilah orang-orang yang memang daerah sini sama yang bukan dan nanti kita akan berkoordinasi dengan RT wilayah," katanya.

Heru mengatakan, hal tersebut dilakukan warga setempat sebagai antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, mengingat banyak warga yang datang ke lokasi tersebut.

Terlebih, katanya, sejak hari kejadian kebakaran Depo Pertamina Plumpang, ada satu kejadian pencurian yang berhasil dipergoki dan digagalkan warga. Di lokasi lain juga dilaporkan warga ada yang kehilangan telepon genggam. Warga akan melakukan penyekatan di dua lokasi pintu masuk ke pemukiman warga.

Hal tersebut mengingat saat ini warga sedang mengusahakan pergantian unit-unit kendaraan yang terbakar saat kejadian, sehingga menyebabkan puing-puing dari kendaraan warga juga ada yang berusaha dicuri.

"Jadi ada yang memanfaatkan situasi. Kami berharap Kepolisian, tadi sudah kami sampaikan pada Kepolisian dan mereka mengatakan akan ada patroli," katanya.

Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, mengalami kebakaran pada Jumat, sekitar pukul 20.00 WIB, dan api bisa dijinakkan sekitar pukul 23.00 WIB. Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta mengerahkan 52 unit mobil pemadam dan sekitar 250 personel untuk pemadaman di lokasi. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya