Longsor di Natuna Kepri, 10 Orang Dikabarkan Tewas

Bencana longsor di Natuna, Kepri
Sumber :
  • dok BNPB

VIVA Nasional – Bencana tanah longsor telah terjadi di kawasan Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, pada Senin, 6 Maret 2023. Setidaknya, ada 10 orang korban meninggal dunia akibat tanah longsor tersebut.

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

Kepala Bidang Kedaruratan, Pusdalops PB dan Logistik BPBD Provinsi Kepulauan Riau, Junainah mengatakan bahwa data korban sementara adalah 10 orang. Ia menegaskan bahwa data sewaktu-waktu akan berubah. Sebab, hingga saat ini proses evakuasi masih berlangsung.

Ia juga menjelaskan bahwa bencana tanah longsor itu terjadi akibat intensitas curah hujan yang tinggi ditambah kondisi tanah yang labil. Hal itu bisa dikatakan melalui perhimpunan informasi dari Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

"Baru perkiraan. Kemungkinan data dapat berubah-ubah. Informasi terakhir tadi memang sudah ada kantong jenazah sebanyak 10 kantong yang sudah terisi," ujar Junainah melalui keterangan tertulisnya, Senin 6 Maret 2023.

Sekolah Rentan Bencana Capai 57 Persen, Kemendikbud: Waspada!

Proses evakuasi hingga kini masih berlangsung, namun ada sejumlah hambatan karena kondisi cuaca, sulitnya akses ditambah jaringan telekomunikasi yang terputus. Maka dari itu, proses pemutakhiran data maksimal korban jiwa belum dapat diputuskan.

Bencana longsor di Natuna, Kepri

Photo :
  • dok BNPB

"Cuaca berubah-ubah. Angin masih kencang. Ombak sedang tinggi. Lokasi berada di beda pulau dari pusat pemerintahan Kabupaten Natuna. BPBD Provinsi tetap standby," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya