Seribu Lebih Warga Mengungsi akibat Longsor di Serasan Natuna

Kondisi para pengungsi di SMA Negeri 1 Serasan di Desa Pangkalan, Kecamatan Serasan, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa, 7 Maret 2023.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Nasional – Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Natuna, pada Selasa, 7 Maret 2023, merilis jumlah pengungsi akibat bencana banjir di Kecamatan Serasan, sebanyak 1.216 orang.

Longsor Tewaskan 20 Orang, Pemerintah Tetapkan Tana Toraja Status Tanggap Darurat 

Rilis tersebut menyatakan hasil yang dihimpun oleh Tim Gabungan Penanggulangan Bencana Pulau Serasan di Serasan terdapat 219 orang berada di pengungsian PLBN, 215 orang di Pengungsian Puskesmas Serasan, 500 orang di pengungsian Pelimpak dan Mesjid Al Furqon, serta 282 orang di SMA Negeri 1 Serasan dengan total pengungsi sebanyak 1.216 Orang.

Sebanyak 1.216 orang pengungsi diketahui berasal dari tiga kampung di sekitar longsor di antaranya Kampung Air Raya, Kampung Air Sekain dan warga Desa Pangkalan. Di pengungsian terpusat PLBN terdapat 4 orang yang mengalami cedera parah dan empat orang kritis.

Korban Meninggal akibat Longsor Tana Toraja Capai 18 Orang

Satu kampung tertimbun tanah longsor di Natuna, Kepri

Photo :
  • Antara

Sementara, bangunan yang tertimbun longsor diketahui sebanyak 27 bangunan, dengan rincian 26 rumah dan satu Surau. Data tersebut berdasarkan hasil perhimpunan dan pencarian Dinas Kominfo setempat pada hari pertama, Senin, 6 Maret 2023 , dan akan dimutakhirkan secara berkala.

Sulsel Terdampak Cuaca Ekstrem dan Waspada Bencana Hidrometeorologi, Menurut BMKG

Kondisi di wilayah atau Pulau Serasan tersebut masih kesulitan sinyal seluler dan hanya ada di sekolah sekolah serta kantor desa yang masih bisa dioprerasikan. Tim SAR gabungan dan rombongan Bupati Natuna sedang berada di lokasi longsor.

Pada Senin siang, 6 Maret, terjadi longsor besar menimbun satu kampung di Desa Pangkalan akibat longsoran Gunung Jemenang di Kecamatan Serasan, Pulau Serasan, Kabupaten Natuna.

Bencana longsor di Natuna, Kepri

Photo :
  • dok BNPB

Longsor juga diketahui tidak hanya terjadi di daerah itu, dilaporkan pula terjadi di Desa Jermalik dan Desa Air Nusa Kecamatan Serasan Timur, tidak ada laporan korban jiwa, namun diketahui warga sekitar turut mengungsi ke tempat yang lebih aman. Untuk sementara, belum ada laporan tentang jumlah pengungsi yang ada di wilayah Kecamatan Serasan Timur. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya