Lapas Ini Disulap Menjadi Pondok Pesantren

Lapas Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat
Sumber :
  • VIVA/ Andri Mardiansyah

VIVA Nasional – Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Kelas III Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, kini disulap menjadi pondok pesantren. Diberi nama Al-Inabah. 

Gubernur Mahyeldi: Jumlah Perantau Asal Minang Lebih Banyak dari Penduduk Sumbar

Didapuk menjadi lapas pertama di Sumatera Barat, yang berbasis pesantren. Sudah diresmikan Senin kemarin 6 Maret 2023, bersamaan dengan tabligh akbar menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah.

"Ini menjadi inovasi pembinaan kepribadian yang diikuti oleh 100 warga binaan yang merupakan mayoritas muslim. Pembinaan yang dilakukan, dibarengi dengan pelajaran spritual akan mampu membawa warga binaan dalam meningkatkan kesadaran untuk lebih baik lagi," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Sumatera Barat, Haris Sukamto, Selasa 7 Maret 2023.

442 Narapidana Lapas Sumbawa Besar Terima Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 2024

Haris bilang, melalui program pembinaan lapas berbasis pesantren ini, diharapkan bisa membangun pondasi di dalam diri warga binaan untuk tidak melakukan pelanggaran hukum di kemudian hari. 

Bahkan, peresmian pondok pesantren di Lapas Suliki ini, menjadi motivasi untuk meningkatkan pembinaan di lapas lainnya.

1.048 Warga Binaan Lapas Tebingtinggi Peroleh Remisi Idul Fitri, 4 Langsung Bebas

Sementara itu, Bupati Kabupaten Limapuluh, Safaruddin dt. Bandaro Rajo menyebut bahwa program ini bisa menjadi percontohan yang sesuai dengan program Kabupaten Lima Puluh Kota, yang konsen dibidang keagamaan. 

"Kami mendukung. Khususnya Kabupaten Limapuluh. Lapas Suliki ini akan menjadikan lapas percontohan di Sumatera Barat yang menerapkan pondok pesantren di dalam lapas," kata Safaruddin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya