5 Anggota Polda Jateng yang Jadi Calo Penerimaan Bintara Polri Disidang Etik

Ilustrasi Gedung Mabes Polri
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA Nasional – Polda Jawa Tengah menggelar sidang etik terhadap lima anggotanya yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Paminal Divisi Propam Polri terkait penerimaan Bintara di Polda Jawa Tengah.

Dewas KPK Gelar Sidang Etik Nurul Ghufron 2 Mei terkait Dugaan Penyalahgunaan Wewenang

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan kasus ini sebenarnya terungkap melalui OTT pada tahun 2022 lalu. 

"Lima orang yang diduga telah melanggar dalam persoalan tersebut, perekrutan ini telah dilakukan sidang disiplin dan sidang kode etik," ujar Ramadhan kepada wartawan, Selasa, 7 Maret 2023.

Cegah Kecurangan dalam Seleksi ASN, Menpan-RB Siapkan Teknologi Face Recognition

Ramadhan mengatakan, seharusnya tidak ada lagi praktik calo dalam proses penerimaan atau perekrutan Bintara Polri. Sebab, Polri sejak awal telah menetapkan perekrutan ini secara gratis tanpa dipungut biaya.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan

Photo :
  • dok Polri
Oso Beberkan Strategi Partai Hanura Hadapi Pilkada 2024

"Jadi kalau ada oknum atau pun siapapun calo yang mengatakan masuk polisi itu menggunakan uang, saya nyatakan itu tidak benar ya, saya pastikan bahwa rekrutmen Polri tidak dipungut biaya. Jadi bila ada calo bila ada oknum segera melaporkan kepada pihak Kepolisian dalam hal ini bisa ke Paminal," ujarnya. 

Sebelumnya diberitakan, lima oknum anggota Polda Jawa Tengah diduga menjadi aktor korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) dalam proses seleksi penerimaan Bintara Polri Gelombang pada tahun 2022 lalu segera dijatuhi sanksi etik profesi atas perbuatannya. 

Kepolisian Daerah Jawa Tengah pun sudah memproses oknum tersebut dan bersiap menyidangkan mereka secara kode etik. Mereka adalah 2 orang berpangkat komisaris polisi, 1 orang berpangkat ajun komisaris polisi, dan 3 orang berpangkat bintara. 

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy.

Photo :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

"Kompol AR, Kompol KN, AKP CS, Bripka Z dan Brigadir EW. Mereka telah menjalani pemeriksaan intensif dari penyidik Bidpropam dan berkas pemeriksaannya secara lengkap," kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, Jumat, 3 Februari 2023.

Ia menambahkan, kelima oknum tersebut atas inisiatif pribadi diduga kuat melakukan percaloan atau aksi KKN dalam tes masuk Bintara Polri tahun 2022. Aksi mereka diketahui dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang dilaksanakan Divisi Propam Mabes Polri dan langsung diperiksa secara intensif. 

"Penyidikan atas keterlibatan mereka dilimpahkan ke Bidpropam Polda Jateng dan saat ini proses berkas perkaranya sudah tuntas. Siap disidangkan secara kode etik," ujarnya.

Seperti diketahui, seleksi penerimaan anggota Polri, baik itu penerimaan jalur Tamtama Polri, Bintara Polri maupun Akademi Kepolisian (Akpol), tidak dipungut biaya alias gratis. Masyarakat jangan mau diiming-imingi masuk polisi dengan membayar sejumlah uang karena itu adalah penipuan.

"Penerimaan ini (anggota Polri) tidak dipungut biaya," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya