Jokowi: Pesawat Super Hercules yang Kita Terima Pagi Ini Pesawat Sangat Canggih

Presiden Jokowi menyirami kembang Pesawat TNI AU C-130J-30 Super Hercules A-1339
Sumber :
  • VIVA/Farhan

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan pesawat Super Hercules C-130 J, yakni Pesawat A-1339 dan A-1315, kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Rabu, 8 Maret 2023.

Muhammadiyah: Prabowo Harus Menyerap Aspirasi Anies, Cak Imin, Ganjar, dan Mahfud

“Pesawat C-130-J-30 Super Hercules yang kita terima pada pagi hari ini adalah pesawat yang sangat canggih,” kata Jokowi.

Jokowi sempat masuk ke pesawat 39 bersama Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetya, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid. Setelah itu, Jokowi menyiram roda serta bodi depan pesawat dengan air kembang.

Presiden Raeisi Ancam Lenyapkan Israel Jika Berani Gempur Iran

Presiden Jokowi menyirami kembang Pesawat TNI AU C-130J-30 Super Hercules A-1339

Photo :
  • VIVA/Farhan

Pesawat tersebut, katanya, bisa mengangkut pasukan yang pakai komplet dengan parasut atau penerjun. Kapasitasnya bisa mengangkut 98 penerjun. Sementara, Jokowi menyebut kalau hanya pasukan bukan penerjun itu bisa 128 orang.

Guru Besar Unibraw: Setelah Prabowo Dilantik sebagai Presiden, Dia Milik Kita Bersama

“Bisa mengangkut 19,9 ton. Artinya, ini bagus untuk operasi militer maupun nonmiliter. Bencana alam juga bisa,” katanya.

Sebab, Jokowi mengatakan pesawat ini dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia karena pesawat Super Hercules ini bisa terbang 11 jam. Saat ini pesawat yang dipesan sebanyak lima unit tapi datangnya bertahap.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo di Lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu, 18 Januari 2023, yang menghadiri pembukaan Rapat Pimpinan Kemhan 2023.

Photo :
  • ANTARA/Gilang Galiartha

“Tadi Pak Menhan menyampaikan hari ini datang satu, nanti Juni tambah satu lagi, Juli tambah satu lagi, Oktober tambah satu, Januari tahun depan tambah satu. Lima pesawat yang akan datang ke negara kita,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya