Jawaban Sri Mulyani saat Disentil Punya Rumah di Maryland Amerika Serikat

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

VIVA Nasional – Rumah Sri Mulyani di Maryland, Amerika Serikat belum lama ini menjadi sorotan seiring atensi publik tengah terarah pada instansi yang dipimpinannya itu. Rumah itu, diakuinya, dibeli atas pertimbangan ekonomis.

Sri Mulyani Ungkap Mood dan Fokus Para Pembuat Kebijakan Keuangan Global Lagi Begini

Laporan hartanya menjadi sorotan publik, dengan nominal miliaran itu. Namun ada penjelasan logis di balik pembelian rumah itu. Dalam talkshowKick Andy’ Sri Mulyani membeberkan penjelasannya.

Sri Mulyani di acara Kick Andy

Photo :
  • Youtube Metro TV
Sri Mulyani Pede Inflasi Melandai di Kuartal-II 2024 Seiring Turunnya Harga Beras

Ia rupanya membeli rumah tersebut saat ia memangku jabatan sebagai direktur pelaksana di Bank Dunia. Pertimbangan untuk membeli rumah di negeri paman sam itu dilandasi oleh pengalamannya saat bertugas di IMF selama dua tahun pada 2002-2004.

Rumah Sri Mulyani di Maryland Bukan Karena Bermewah-Mewah

Salurkan Gaji hingga THR PNS, Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp 70,7 Triliun

Dalam talkshow yang dibawa oleh Andy F. Noya itu, Sri Mulyani mengatakan bahwa rumah itu ia beli saat ia bertugas sebagai managing director World Bank pada 2010. Saat itu, ia mengundurkan diri sebagai menteri keuangan untuk mengampu jabatan itu.

“Saya pernah bertugas di IMF pada 2002—2004, sebelum saya dipanggil pulang untuk jadi menteri. Jadi saya sudah tahu kalau saya di World Bank, di Washington DC, maka setiap tahun kami akan keluar uang untuk sewa rumah sekian,” tuturnya seperti dikutip VIVA dari Youtube Metro TV.

Kemudian, lanjutnya, atas pertimbangan dari pengalamannya sebelumnya di IMF, maka Sri Mulyani dan suami memutuskan untuk tidak lagi menyewa rumah, melainkan langsung membeli rumah untuk menekan biaya sewa.

Apalagi, saat itu kontrak tugasnya di World Bank terbilang cukup lama. Sri Mulyani menjabat posisi selaku managing director genap selama enam tahun, yakni sejak 1 Juni 2010 hingga 27 Juli 2016.

Sri Mulyani di Kick Andy

Photo :
  • Tangkapan Layar

Dari penuturannya itu, dapat disimpulkan bahwa keputusannya untuk membeli rumah di Amerika Serikat dilakukan dengan mempertimbangkan sisi ekonomis biaya hidup yang mesti dikeluarkannya tiap tahun.

Berdasarkan LHKPN Sri Mulyani periode 2021, tercatat bahwa ia memiliki tanah dan bangunan seluas 414.16 meter persergi di negara lain yakni Amerika Serikat, senilai Rp18,64 miliar.

Namun rumah itu dibelinya secara mencicil, oleh karenanya, ia masih tercatat memiliki utang senilai Rp9,21 miliar. Itu adalah sisa cicilan rumah yang harus dilunasinya. Secara total, harta kekayaan Sri Mulyani adalah Rp58,04 miliar.

Demikianlah ulasan singkat tentang rumah Sri Mulyani di Maryland, Amerika Serikat, yang dibeli sang menteri saat bertugas di World Bank. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya