Tersisa Potongan Daging dan Tulang, DVI RS Polri Identifikasi Korban Kebakaran Plumpang

Kebakaran Pertamina Plumpang
Sumber :
  • (AP Photo/Dita Alangkara)

VIVA Nasional – Tim DVI, Disaster Victim Identification Rumah Sakit Polri, tengah mengidentifikasi satu body part atau potongan tubuh, korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara. 

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Body part itu dikirimkan ke RS Polri, bersamaan dengan 15 jenazah utuh korban lainnya. Karo Lab Pusdokkes Polri, Brigjen Pol Prima Heru, mengatakan body part yang diterima itu berupa potongan daging dan tulang. Kondisi body part terbakar sempurna saat dikirimkan ke RS Polri.

"Body part itu potongan, potongan daging dan tulang. Tentunya kita belum tahu bentuknya, apakah itu kaki atau apa. Tapi itu daging yang dikirimkan ke kami, dagingnya sudah terbakar sempurna," kata Brigjen Prima dalam konferensi pers di RS Polri, Rabu, 8 Maret 2023.

Daftar Sepeda Motor yang Cocok Diisi BBM Pertalite

Dengan kondisi tersebut, Prima mengatakan pihaknya hanya bisa melakukan pemeriksaan melalui DNA pada tulang potongan tubuh itu. Juga pemeriksaan tersebut membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan proses identifikasi jenazah yang lain.

"Yang bisa kita periksa, DNA-nya itu tulang. Sehingga, kami dalam memproses potongan tubuh itu perlu waktu yang lebih, karena sampai masuk ke tulang," tuturnya.

Jokowi Datang Melayat ke Mooryati Soedibyo, Ikut Salat Jenazah

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 4 jenazah korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang kembali teridentifikasi. Total, hingga kini sudah 12 jenazah yang berhasil diidentifikasi tim DVI RS Polri.

"Hari ini tim DVI berhasil mengidentifikasi 4 jenazah, sehingga total sampai hari ini ada 12 jenazah yang telah teridentifikasi dari 15 jenazah yang telah diterima RS Polri," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan dalam konferensi pers di RS Polri, Rabu, 8 Maret 2023.

Empat jenazah tersebut antara lain, Iqbal (9) teridentifikasi melalui pemeriksaan DNA, medis dan properti. Lalu, jenazah kedua atas nama Hanifah (50), teridentifikasi berdasarkan pemeriksaan DNA, gigi dan medis.

Ketiga, jenazah teridentifikasi sebagai Hardito (20) berdasarkan pemeriksaan DNA dan medis. Keempat, jenazah teridentifikasi sebagai Dayu Nurmawati (39) berdasarkan pemeriksaan DNA dan medis.

Berikut merupakan data jenazah yang sudah teridentifikasi:

1. Sumiati atau Neneng, perempuan (71)
2. Raffasya Zayid Athallah, laki-laki (4)
3. Trish Rhea Aprilita, perempuan (12)
4. Suheri, laki-laki (32)
5. Hadi, laki-laki (32)
6. Fahrul Hidayatuloh, laki-laki (28)
7. Muhamad Bukhor, laki-laki (41)
8. Iriyana, perempuan (61)
9. Iqbal, laki-laki (9)
10. Hanifah, perempuan (50)
11. Hardito, laki-laki (20)
12. Dayu Nurmawati, perempuan (39)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya