Zulhas Yakin Petani Lokal Akan Lebih Sejahtera Jika Ekspor Kopi Meningkat

Mendag RI Zulkifli Hasan teken Persetujuan Kopi Internasional di London, Inggris
Mendag RI Zulkifli Hasan teken Persetujuan Kopi Internasional di London, Inggris
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Mewakili Pemerintah Indonesia, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menandatangani Persetujuan Kopi Internasional (International Coffee Agreement/ICA) 2022 di Sekretariat Organisasi Kopi Internasional (International Coffee Organization/ICO) London, Inggris, pada Rabu, 8 Maret 2023. Zulhas meyakini, penandatangan kesepakatan ini dapat meningkatkan ekspor kopi nasional.

Dia juga mengatakan, dengan meningkatnya ekspor kopi nasional maka dampaknya akan dirasakan para petani kopi. Ketua Umum PAN itu menilai petani kopi tanah air bisa lebih sejahtera lagi kedepannya.

"Diharapkan kerja sama dengan ICO akan mengatasi berbagai tantangan dan meningkatkan kesejahteraan petani kopi," ujar Zulhas, dalam keterangan tertulisnya, Rabu 8 Maret 2023.

Ilustrasi Biji Kopi di Minangkabau, Sumatera Barat.

Ilustrasi Biji Kopi di Minangkabau, Sumatera Barat.

Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

ICA sendiri merupakan perjanjian multilateral antara pemerintah yang mewakili negara-negara penghasil kopi dan konsumen kopi. ICA 2022 menjadi kesepakatan ketujuh sejak 1962, setelah ICA menetapkan kuota ekspor kopi untuk menstabilkan harga kopi dunia

Penandatanganan ini merupakan tahapan yang mengindikasikan keinginan negara anggota untuk mengimplementasikan ICA 2022. Dengan penandatanganan ini, Indonesia menjadi negara anggota ke-10 yang telah menandatangani ICA 2022. 

Dari total 49 negara anggota sudah 9 negara anggota ICO yang telah menandatangani ICA 2022 yaitu 8 negara eksportir dan 1 negara importir. Negara eksportir tersebut yakni Brasil, Kosta Rika, Nikaragua, Peru, Togo, Venezuela, Panama, dan Kolombia. Sementara negara importir yaitu Jepang. Selebihnya dijadwalkan menandatangi hingga batas akhir April 2023. 

Halaman Selanjutnya
img_title