Bertahun-tahun Rusak, Jalan Kampung di Blora Dibikin Mulus Demi Kedatangan Jokowi

Alat berat memadatkan jalan kampung di Blora sebelum kunjungan Presiden Jokowi
Sumber :
  • tvOne/Agus Wibowo

VIVA Nasional – Jalan lingkar desa yang berada di RT.06/RW 01 dukuh Pekuwon Lor desa Gabusan Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Jawa Tengah mulai diperbaiki. Pasalnya, jalan lingkar tersebut kondisi awal terbilang rusak parah.

Habiskan Anggaran Hampir Rp1 Triliun, Apa Saja Fasilitas yang Dimiliki IDTH Kemenkominfo

Namun, menjelang kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerjanya di Blora, pada Jumat, 10 Maret 2023, besok, jalan kampung sepanjang 3 kilometer mulai dipadatkan dan akan dihaluskan.  

Masyarakat Dukuh Pekuwon Lor desa Gabusan Kecamatan Jati, Blora kini sedikit bernafas lega. Mereka menyimpan banyak harapan di hari kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini.

Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House

Di lokasi, tampak ratusan dum truk menurunkan batuan pedel sebagai pengeras jalan. Dengan menggunakan alat berat, batu-batu keras tersebut mulai diratakan untuk melapisi jalan.

Darno, salah seorang warga mengatakan, jika kedatangan Jokowi membawa angin segar bagi dirinya dan warga lainnya.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

"Ini merupakan sejarah, sepanjang hidup saya, baru kali ini ada presiden kesini," ujarnya kepada wartawan, Kamis, 9 Maret 2023.

Alat berat memadatkan jalan kampung di Blora sebelum kunjungan Presiden Jokowi

Photo :
  • tvOne/Agus Wibowo

Selain itu, jalan kampung yang rusak kini akan mendapatkan perbaikan dari pemerintah pusat. "Ada berkah dibalik kedatangan pak Presiden. Jalan kampung kami biar kembali bagus," ujar Darno.

Berbeda dengan pengakuan Lasiyo. Menurut laki-laki 58 tahun itu, dia berencana untuk jualan di dekat lokasi acara presiden.

"Saya mau jualan saja, Mas. Kan banyak orang datang, semoga laris manis," ujarnya saat santai di gardu.

Terpisah, wanita paruh baya yang sedang pulang membawa rumput saat dikonfirmasi wartawan terkait kedatangan Presiden Jokowi, mengungkapkan, jika dirinya berharap akan ada bantuan yang dibawa Jokowi.

"Semoga ada bantuan untuk warga sini, termasuk saya," kata wanita yang mengaku sebagai buruh tani sambil berlalu meninggalkan wartawan. 

Dalam kunjungannya ke dukuh Pekuwon Lor desa Gabusan Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Presiden RI Joko Widodo menyerahkan Surat Keputusan (SK) Perhutanan Sosial dan SK Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) di kawasan hutan Blora, Jawa Tengah, pada Jumat besok.

Laporan: Agus Wibowo/tvOne Blora 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya