Profil Andhi Pramono Kepala Bea Cukai Makassar, Pemilik Rumah Mewah di Cibubur

Andhi Pramono Kepala Bea Cukai Makassar
Sumber :
  • Tangkapan Layar: YouTube

VIVA Nasional – Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono, mendadak jadi perbincangan hangat di media sosial usai video yang memperlihatkan aset mewah miliknya. Aset tersebut adalah rumah mewah seperti istana yang diduga berada di kawasan Legenda Wisata Cibubur. 

Bea Cukai Musnahkan Pakaian Bekas Bernilai Ratusan Juta di Yogyakarta

Dari video yang beredar tersebut, tampak aset itu berupa rumah tingkat megah dengan kelir putih. Akun yang sama juga tampak membagikan unggahan lain yang menarasikan anak dan istri Andhi Pramono dengan pakaian mahal. 

Hal ini tentu saja membuat Andhi jadi ramai diperbincangkan publik lantaran diduga mempunyai aset yang tidak wajar. Apalagi, Kemenkeu akan memanggil 69 pegawai lantaran adanya kepemilikan harta yang masih janggal. Nah, berikut profil Andhi Pramono selengkapnya. 

Bea Cukai Kalbagsel Musnahkan Barang Kena Cukai Ilegal Senilai 7 Miliar Rupiah

Profil Andhi Pramono

Andhi Pramono Kepala Bea Cukai Makassar

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube
Pakaian Dalam Asal Bantul Siap Bersaing di Amerika dan Inggris

Melansir dari berbagai sumber, disebutkan bahwa pejabat Bea Cukai Makassar itu berasal dari Salatiga, Jawa Tengah. Pria yang saat ini berusia 47 tahun tersebut adalah anak pertama dari dua bersaudara. 

Andhi diketahui menempuh pendidikan SD hingga SMA di Salatiga, Jawa Tengah. Setelah itu, ia akhirnya memilih untuk melanjutkan pendidikannya di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dengan mengambil jurusan Bea Cukai pada 1997.

Perjalanan Karier Andhi Pramono

Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono pakai cincin dan jam tangan mewah

Photo :
  • Twitter @BosPurwa

Sebelum mengemban jabatan sebagai Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi juga sempat menduduki jabatan penting. Hal ini terlihat dari laporan harta kekayaannya. Ia diketahui sempat menjabat sebagai Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai Kanwil DJBC Jakarta. 

Selain itu, Andhi sempat menjadi Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Teluk Bayur, dan kepala Seksi Penindakan di Kanwil DJBC Khusus Kepulauan Riau serta kepala seksi pabean dan cukai V, kantor pengawasan dan pelayanan bea dan cukai tipe madya pabean B Palembang.

Anak Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono

Photo :
  • Twitter: partaisocmed

Menurut laporan LHKPN terakhirnya yang dilaporkan pada 16 Februari 2022 untuk periodik 2021, Andhi tercatat mempunyai harta kekayaan mencapai Rp13,75 miliar. Diketahui sebagian besar harta kekayaan itu adalah tanah dan bangunan. 

Dia tercatat mempunyai 15 aset tanah dan bangunan dengan total mencapai Rp6,98 miliar. Aset itu tersebar di Kab./Kota Salatiga, dan Kab./Kota Karimun, Kab./Kota Batam, Kab./Kota Bekasi, Kab./Kota Jakarta Pusat, Kab./Kota Bogor, Kab./Kota Banyuasin, dan Kab./Kota Cianjur.

Selain itu, Andhi Pramono tercatat memiliki 13 alat transportasi dan mesin yang berupa 9 unit mobil dan 4 unit motor senilai Rp1,84 miliar. Kendaraan mobil tersebut adalah Mini Morris Sedan, Fiat Sedan, Toyota Corolla, Honda Brio, Ford Sedan, Chevrolet Sedan, Austin Sedan, dan Toyota Jeep.

Sedangkan untuk motor, dia memiliki Honda Sepeda Motor, Honda Beat, dan 2 Piaggio Vespa. Kemudian, Andhi juga memiliki harta bergerak lain senilai Rp706,5 juta, surat berharga senilai Rp2,99 miliar, sampai kas dan setara kas Rp1,21 miliar. Total harta kekayaan yang dimilikinya adalah Rp13.753.365.726 atau Rp13,75 miliar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya