Mentan: Puncak Panen Padi Maret-April, Produksi Diprediksi capai 4 Juta Ton

Kegiatan Panen Padi Nusantara Satu Juta Hektare di Serang
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan berdasar prognosa atau perkiraan Badan Pusat Statistik (BPS) luas panen padi pada Februari 2023 mencapai 1,4 juta hektare dan puncak panen berlangsung pada bulan Maret-April. Hal itu dikatakan saat Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan kegiatan Panen Padi Nusantara Satu Juta Hektare secara serentak, hari ini.

Disidang Etik Dewas KPK pada 2 Mei Terkait Mutasi Pegawai Kementan, Nurul Ghufron: Kita Hormati

"Berarti, jika produktivitas 6 ton per hektare, ada produksi padi lebih kurang 4 juta ton, sehingga ini membuktikan adanya panen raya padi dengan produksi atau ketersediaan," kata dia kepada wartawan, Kamis 9 Maret 2023.

Mentan Syahrul Pantau panen raya padi di Karawang

Photo :
  • Dokumentasi Kementan
Mendag Zulhas Tegas Tolak Impor Bawang Merah di Tengah Lonjakan Harga

Kata dia, panen akan berlangsung di Kabupaten Serang Banten, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi Jawa Timur dan di 10 provinsi serta 66 kabupaten utama. Pelaksanaan panen raya di Provinsi Banten tersebar di empat kabupaten yaitu Kabupaten Pandeglang, Lebak, Serang dan Tangerang. Lokasi Pelaksanaan panen raya padi kabupaten Serang terletak di Desa Tenjo Ayu, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang dengan luasan hamparan 353 hektare.

"Panen raya satu juta hektar akan dimulai di Kebumen. Saya koordinasi dengan Bupati Kebumen, dan melihat memang yang siap untuk melakukan panen raya pada bulan Februari-Maret itu di Kebumen," katanya.

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDM), Dedi Nursyamsi menerangkan bahwa panen raya padi ini juga merupakan pembuktian bagi para petani sebagai petani modern.

Panen padi di Kendal, Jateng.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

Ia mengapresiasi kinerja petani, poktan, gapoktan, penyuluh, penggilingan padi dan semua pelaku usaha perberasan nasional karena telah berhasil meningkatkan produktivitas padi di wilayah Kabupaten Serang. Lebih lanjut Dedi menyampaikan agar para petani bisa bahu membahu untuk menciptakan pertanian yang maju, mandiri dan modern.

“Pencapaian ini tidak hanya atas kerja jajaran Kementan semata, tetapi merupakan keberhasilan petani, poktan, gapoktan, penyuluh, penggilingan padi dan semua pelaku usaha perberasan nasional dari hulu hingga hilir yang telah berhasil meningkatkan. Panen raya padi ini juga merupakan pembuktian petani Indonesia mampu memanfaatkan dan mengoperasikan peralatan modern pertanian seperti combine harvester," kata Dedi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya