Mahfud MD Beberkan Kronologi Terbongkarnya Safe Deposit Box Rafael Alun Berisi Rp37 Miliar

Rafael Alun Trisambodo Usai Diperiksa KPK
Rafael Alun Trisambodo Usai Diperiksa KPK
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD membeberkan detik-detik safe deposit box milik Rafael Alun Trisambodo terbongkar. Mantan pejabat pajak itu kini telah disorot lantaran harta kekayaannya yang tidak wajar. 

Mulanya, kata Mahfud, Rafael Alun sempat beberapa kali pergi ke bank dalam periode tertentu. Namun, pihak Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengendus aktivitas Rafael Alun yang dianggap tidak wajar. 

"Beberapa hari sudah bolak-balik tuh dia ke berbagai deposit box itu. Pada suatu hari, pagi dia datang ke bank untuk membuka itu, langsung di blokir sama PPATK," ujar Mahfud MD saat konferensi pers di Kemenkeu, Sabtu 11 Maret 2023.

Menko Polhukam RI Mahfud MD

Menko Polhukam RI Mahfud MD

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Kemenko Polhukam

Mahfud juga mengatakan pencucian uang tidak dapat diketahui oleh Menteri yang bersangkutan. Di mana, uang Rp37 miliar milik Rafael Alun Trisambodo diduga uang suap.

"Itu bukti pencucian uang tuh seperti itu. Menteri bisa tidak tahu ada uang seperti itu. Dan memang di luar kuasa menteri," kata Mahfud.

"Kan orang nyimpen uang ratusan miliar (rupiah) di safe deposite box itu kan menteri juga tidak tahu. Itu yang bisa tahu nantinya adalah PPATK. Itu pun yang baru ditemui sebagian loh, yang Rp37 miliar itu," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
img_title