Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Jadi Mahasiswa Lulusan Terbaik Unhan 2023, IPK 4,00

Hasto Kristiyanto raih predikat lulusan terbaik Universitas Pertahanan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto meraih predikat sebagai mahasiswa lulusan terbaik dari Universitas Pertahanan (Unhan) RI pada Tahun Ajaran (TA) 2023.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

Berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, predikat tersebut diumumkan diterima oleh Hasto Kristiyanto pada acara Penutupan Program Pascasarjana Magister dan Doktor Universitas Pertahanan Tahun Ajaran 2023 di Aula Merah Putih Unhan, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin.

Ia berhasil meraih predikat mahasiswa terbaik karena menjadi satu-satunya mahasiswa program doktor dengan IPK 4,00 atau predikat summa cumlaude.

10 Kampus Bisnis Terbaik Dunia Tahun 2024

"Lapor, penerimaan piagam penghargaan lulusan terbaik pascasarjana program magister dan program doktor serta kader intelektual bela negara siap," kata Doktor Ilmu Pertahanan Hasto Kristiyanto saat memimpin para mahasiswa penerima lulusan terbaik untuk maju dan mendapat sertifikat dari Rektor Universitas Pertahanan RI Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian.

5 Pernyataan Sikap PDIP Usai MK Tolak Gugatan Ganjar-Mahfud

Selain Hasto, predikat mahasiswa terbaik juga diberikan kepada lima orang mahasiswa dari program magister. Mereka menerima piagam penghargaan berupa map berwarna merah dari Amarulla.

Dalam amanatnya, Amarulla berpesan kepada para lulusan magister dan doktor ilmu pertahanan Unhan agar mampu memaknai diri sendiri dan memiliki nilai tambah bagi organisasi serta bagi negara dan bangsa.

Dengan demikian, kata dia, hal tersebut dapat menjadi modal dasar dalam membangun sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta, terutama di era globalisasi saat ini.

Menurut Amarulla, ancaman terhadap eksistensi suatu bangsa dan negara semakin kompleks dan sulit diprediksi pada era globalisasi.

"Jenis ancaman perang pada era sekarang memiliki spektrum yang sangat luas dan masif melalui berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berupa ancaman nonmiliter berdimensi ideologi politik, ekonomi sosial budaya, teknologi, dan legislasi," ucapnya.

Ia pun berpesan kepada para calon wisudawan/wisudawati dari Unhan RI untuk berkontribusi bagi keberlangsungan NKRI.

"Saya juga berpesan jadilah kader intelektual bela negara yang mampu menjadi teladan dalam internalisasi nilai nilai negara dan memberikan darmabakti terbaik bagi negara sesuai dengan profesi dan pekerjaan masing masing," kata dia.

Setelah penyerahan penghargaan, prosesi wisuda bagi para lulusan Unhan pada TA 2023 itu dijadwalkan digelar Selasa (14/3) besok.

Secara keseluruhan dalam acara Penutupan Program Pascasarjana Magister dan Doktor, Unhan juga mengumumkan jumlah mahasiswa yang menerima beragam predikat kelulusan.

Mereka itu di antaranya seorang mahasiwa peraih predikat summa cumlaude, dua peraih magna cumlaude, dua peraih cumlaude, sebanyak 113 peraih predikat lulus dengan pujian, 400 lulus sangat memuaskan, 38 orang lulus memuaskan, dan 22 orang lulus. (Ant/ANTARA)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya