Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan Lokasi KTT ASEAN Summit ke-42 di Labuan Bajo

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di Bandara Komodo Labuan Bajo.
Sumber :
  • tvOne/ Jo Kenaru/ Manggarai Barat-NTT

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin, 13 Maret 2023.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Pesawat Kepresidenan yang membawa Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan rombongan mendarat di Bandara Komodo, pukul 17.50 Wita.

Presiden dan Ibu Negara disambut Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Kapolda NTT Irjen Pol. Johni Asadoma, Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, Danlanud El Tari Kupang Marsma TNI Aldrin Petrus Mongan, Danlanal Labuan Bajo Letkol Laut (P) Roni serta Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi.

Gabung Prabowo-Gibran Sebagai Pilihan Baik, Surya Paloh: Ini Pilihan Saya, Pilihan Nasdem

Dari Bandara Komodo, rombongan Presiden bergerak ke pusat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Puncak Waringin. Di Kawasan Strategis Patiwisata Nasional (KSPNI) itu Presiden Jokowi menikmati senja yang indah dan sunset yang menawan di kaki langit perairan Taman Nasional Komodo.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di Bandara Komodo Labuan Bajo.

Photo :
  • tvOne/ Jo Kenaru/ Manggarai Barat-NTT
Prabowo Subianto Minta Maaf Karena Nakal: Saya Minta Maaf ke Senior Karena Bikin Repot

Usai menikmati matahari terbenam pada pukul 18.22 Wita, Presiden memberi beberapa arahan untuk pembenahan kembali beberapa area yang akan digunakan sebagai salah satu tempat berlangsungnya KTT ASEAN Summit yang digelar pada bulan Mei mendatang.

Usai meninjau Puncak Waringin, Kepala Negara berpindah ke Hotel Ayana untuk jamuan malam sekaligus meninjau Hotel Meruorah Komodo. Kedua hotel ini direncanakan akan menjadi tempat menginapnya para delegasi KTT ASEAN Summit.

Jelang KTT ASEAN ke 42

Bupati Manggarai Barat Edsitasius Endi mengucapkan terima kasih atas kunjungan Presiden yang kesekian kalinya ke Labuan Bajo yang berjuluk destinasi pariwisata super prioritas.

Disampaikan Edi, kunjungan Presiden untuk memastikan kesiapan Labuan Bajo dalam menyambut penyelenggaraan KTT ASEAN ke 42 pada bulan Mei mendatang.

Presiden Jokowi di KSPN Puncak Waringin Labuan Bajo.

Photo :
  • tvOne/ Jo Kenaru/ Manggarai Barat-NTT

"Kita menyampaikan terima kasih dan selamat bertemu kembali kepada Bapak Presiden dan Ibu Negara beserta rombongan. Hari ini Bapak Presiden kembali kunker ke Labuan Bajo untuk memastikan bahwa Labuan Bajo sangat siap untuk menyambut KTT ASEAN Summit ke 42. Apa yang kurang dan harus diurus, sehingga pada hari H KTT nanti semuanya siap," ujar Edistasius Endi kepada wartawan.

Menurutnya, gelaran ASEAN Summit mesti berdampak bagi masyarakat. “Masyarakat harus merasakan dampak dari penyelenggaraan KTT ASEAN yang ke 42 baik petani maupun pelaku UMKM supaya memanfaatkan momen ini untuk menampilkan produk-produk hasil pertanian dan UMKM yang berkualitas,” katanya.

Dia mengimbau masyarakat Labuan Bajo tetap menjaga kebersihan, menjaga keamanan dan ketertiban serta ramah bagi turis yang berwisata maupun tamu-tamu yang menghadiri KTT ASEAN nanti.

Pada hari kedua (14 Maret 2023) Presiden Joko Widodo akan meninjau venue KTT Hotel Meruorah, kemudian meresmikan ruas jalan lintas Labuan Bajo-Golo Mori KM 16 dilanjutkan meninjau gedung utama penyelenggaraan KTT ASEAN Summit ke- 42 di Golo Mori.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di Labuan Bajo yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto.

Laporan Jo Kenaru/ Manggarai Barat-NTT 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya