Smartphone dan Laptop Rakitan Anak Muda Papua Akan Segera Meluncur

Anak muda di Papua Youth Creative Hub (PYCH) merakit smartphone dan laptop
Anak muda di Papua Youth Creative Hub (PYCH) merakit smartphone dan laptop
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Kumpulan anak muda di Papua Youth Creative Hub (PYCH) akan segera meluncurkan brand smartphone dan laptop pertama di Papua dengan nama TOP.ID.

Ini menjadi salah satu capaian dari organisasi pemuda Papua Muda Inspiratif (PMI) yang merupakan organisasi kepemudaan Papua binaan Badan Intelijen Negara (BIN). 

"Salah satu goal dari PYCH adalah membuat inovasi-inovasi baru untuk tanah Papua, untuk masyarakat Papua, yang diusulkan dari anak-anak muda Papua sendiri," ujar Elia Musa Rawar, Program Manager Bidang Teknologi PMI pada Selasa, 14 Maret 2023. 

Menurut dia, TOP.ID merupakan kependekan dari Torang Papua Indonesia. Dia mengklaim, bahwa ini merupakan brand smartphone dan laptop pertama yang asli Rakitan anak Papua. 

Para perakit smartphone dan laptop TOP.ID ini, dijelaskan Elmus, adalah anak-anak dari salah satu sekolah menengah kejuruan di Jayapura. 

"Sehari-hari mereka memang berbakat dalam bidang elektronik dan komputer juga. Jadi ketika kami bawa mereka untuk ikut pelatihan, untuk mengenalkan mereka bagaimana cara membuka hp, cara merakit hp dari zero hingga layak digunakan layaknya sebuah hp baru," jelas Elmus. 

Halaman Selanjutnya
img_title