Profil Anwar Usman, Ketua MK yang Terpilih Kembali Untuk Periode 2023-2028

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA Nasional – Anwar Usman yang juga adik ipar Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali terpilih menjadi ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2023-2028. Anwar terpilih melalui pemungutan suara atau pemungutan suara hingga putaran ketiga.

Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Menlu Singapura Atas Kemenangan di Pilpres 2024

Dalam pemungutan suara yang digelar di Gedung MK, Jakarta Pusat, Rabu, 15 Maret 2023, Anwar Usman dapat lima suara. Sementara Arief Hidayat memperoleh empat suara.

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Sengketa Pilpres Dinilai Jadi Pembelajaran, Saatnya Prabowo-Gibran Ayomi Semua Masyarakat

Terpilihnya Anwar Usman usai MK menggelar pemungutan suara hingga tiga kali. Pasalnya, dalam dua kali pemilihan Anwar Usman dan Arief Hidayat mendapatkan suara yang imbang. Berikut pofil dari Anwar Usman:

Profil Anwar Usman

Terima Kasih ke Tim Hukumnya, Prabowo Subianto Ajak Seluruh Pihak Kembali Bersatu

Pria kelahiran 31 Desember 1956 itu dibesarkan di Desa Rasabou, Kecamatan Bolo, Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Setelah lulus dari Sekolah Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) Bima, Anwar memutuskan pergi merantau ke Jakarta dan menjadi guru honorer di sebuah Sekolah Dasar (SD).

Selama menjadi guru, Anwar Usman pun melanjutkan pendidikannya ke jenjang S1 Fakultas Hukum Universitas Islam Jakarta. Uniknya, meski menjadi mahasiswa hukum Anwar juga disebut eksis dalam kegiatan teater.

Ia bahkan disebut sempat diajak beradu akting dalam sebuah film berjudul Perempuan dalam Pasungan yang dibintangi oleh Nungki Kusumastuti, Frans Tumbuan dan Rini S Bono besutan sutradara ternama Ismail Soebarjo pada tahun 1980.

Ketua Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman (tengah)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Usai menyandang gelar Sarjana Hukum pada tahun 1984, Anwar pun mengikuti tes menjadi calon hakim. Ia dinyatakan lulus dan diangkat menjadi Calon Hakim Pengadilan Negeri Bogor pada tahun 1985.

Di Mahkamah Agung (MA), adapun jabatan yang pernah diduduki Anwar di antaranya, Asisten Hakim Agung, Kepala Biro Kepegawaian Mahkamah Agung, Hakim Pengadilan Tinggi Jakarta, Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi, hingga kini menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi RI.

Anwar menjadi ipar Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah menikah dengan Idayati pada 2022 lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya