Hari Raya Nyepi, Candi Prambanan Ditutup Sementara dari Kunjungan Wisatawan

Candi Prambanan di Sleman, Yogyakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Cahyo Edi (Yogyakarta)

VIVA Nasional – PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) melakukan penutupan destinasi wisata Candi Prambanan untuk kunjungan umum atau wisatawan. Kunjungan wisatawan di Candi Prambanan akan ditutup sejak Rabu, 22 Maret 2023 pukul 06.00 WIB hingga Kamis, 23 Maret pukul 06.00 WIB.

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu Cina Wang Yi

Direktur Utama PT. TWC Febrina Intan mengatakan, penutupan sementara kunjungan ke Candi Prambanan ini dilakukan sebagai wujud penghormatan kepada seluruh umat Hindu yang merayakan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1945, di kawasan Candi Prambanan.

Febrina menerangkan PT. TWC sebagai Indonesia Heritage Management berkomitmen penuh dalam pengelolaan destinasi heritage and culture yang berkualitas dan berkelanjutan. Terdapat 4 pilar pengelolaan destinasi wisata yang dilakukan oleh TWC, yaitu Edukasi, Konservasi, Spiritual dan Pariwisata.

Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi

Candi Prambanan

Photo :
  • VIVA/ Cahyo Edi/ Yogyakarta

"Spiritual merupakan salah satu pilar pengelolaan destinasi Taman Wisata Candi Prambanan. Tentunya kami mendukung kegiatan keagamaan dan nilai spiritual bagi kepentingan umat Hindu, di antaranya peringatan Hari Raya Nyepi di kawasan Candi Prambanan," kata Febrina, Rabu, 15 Maret 2023.

Microbus Angkut 23 Wisatawan Masuk Jurang di Aceh Besar

"Oleh karena itu, kami memutuskan untuk melakukan penutupan destinasi Candi Prambanan untuk kunjungan umum, pada saat Hari Raya Nyepi berlangsung yaitu pada tanggal 22 Maret 2023,'' ujar Febrina menambahkan.

Febrina mengatakan, penutupan sementara kunjungan ke Candi Prambanan ini merupakan aksi nyata TWC terhadap program pemerintah yang telah disepakati bersama dan tertuang dalam MoU antara Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Kementerian BUMN, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Daerah DIY, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tentang Pemanfaatan Candi Prambanan untuk kepentingan umat Hindu Indonesia dan Dunia.

Sejumlah umat Hindu melakukan pradaksina saat prosesi upacara Tawur Agung Kesanga 2019 di Candi Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu, 6 Maret 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Febrina menjabarkan, rangkaian kegiatan perayaan Hari Raya Nyepi tahun Saka 1945 di Candi Prambanan sudah dimulai pada 21 Maret 2023. Kegiatan dimulai dengan Upacara Tawur Kesanga yang rencananya diikuti oleh ribuan umat Hindu dari Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Selain itu, menurut Febrina, di TWC Prambanan juga diadakan Kirab Pawai Ogoh-Ogoh dan Pangrupukan yang bisa dinikmati oleh wisatawan sebagai tourism attraction.

“Hal ini turut memberi added value experience bagi pengunjung destinasi, sekaligus menambah atraksi berupa seni pertunjukan bernuansa religius yang bisa dinikmati pengunjung secara umum,” ujar Febrina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya